10 Bidang Akuntansi Yang Harus Anda Ketahui

Ilmu akuntansi sama halnya dengan ilmu yang lainnya. Ilmu akuntansi memiliki banyak cabang, cabang ini juga berkaitan dengan banyak profesi spesialis misalnya dokter dan lain sebagainya. Adapun bidang akuntansi yang harus Anda pahami antara lain sebagai berikut:

  1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Bidang akuntansi yang mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan khusus seperti hutang (kewajiban), perubahan aset ataupun modal (ekuitas) perusahaan adalah akuntansi keuangan.

Akuntansi keuangan berfungsi untuk menyediakan data dari seluruh transaksi keuangan yang terjadi pada masa tertentu serta digunakan juga dalam pembuatan laporan keuangan. Akuntansi keuangan disebut dengan akuntansi umum.

Akuntansi umum atau akuntansi keuangan wajib mengikuti kaidan atau aturan umum yang berlaku dalam standard akuntansi keuangan.

  1. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Jika akuntansi keuangan fokus untuk mempersiapkan data ke pihak luar, maka akuntansi manajemen menyajikan data untuk pihak dalam, yaitu manajemen perusahaan. Jadi, akuntansi manajemen nadalah cabang akuntansi yang secara khusus untuk membantu pihak internal perusahaan dalam membuat keputusan terkait kebijakan.

  1. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Salah satu cabang akuntansi yang berhubungan dengan perancangan, penetapan dan pengendalian biaya/cost produksi adalah akuntansi biaya. Akuntansi biaya berfungsi mengefisiensikan biaya produksi/ cost.

Akuntansi biaya dibutuhkan di perusahaan manufaktur yang memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi. Sehingga diperlukan efisiensi yang maksimal guna meningkatkan laba perusahaan.

  1. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Bidang akuntansi yang mengurus tentang perpajakan adalah akuntansi pajak. Tujuannya adalah supaya perusahaan membayar pajak sesuai dengan peraturan pemerintah serta mampu menyajikan transaksi terhadap tariff pajak yang ada. Akuntansi perpajakan berkaitan erat dengan SPT, pembayaran SPT, baik PPh maupun PPn.

  1. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Bidang akuntansi yang secara khusus kegiatannya adalah memeriksa laporan pencatatan akuntansi secara independen dan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun dan biasa melakukan audit dikenal dengan sebutan auditor.

Kegiatan audit yang memeriksa seluruh catatan transaksi yang terjadi serta memastikan bahwa pencatatan tersebut sudah benar sesuai fakta yang terjadi serta sudah sesuai dengan aturan-aturan akuntansi yang umum berlaku.

  1. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Bidang akuntansi yang mempelajari penyusunan sebuah rancangan pengeluaran/budgeting suatu perusahaan salah satunya adalah akuntansi anggaran. Tugas akuntansi anggaran adalah menguraikan keuangan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dengan berdasarkan sistem pengawasan dan analisa. Akuntansi anggaran ini bisa disebut dengan bagian dari akuntansi manajemen.

  1. Akuntansi Pemerintahan (Government Accounting)

Bidang akuntansi yang menyajikan laporan keuangan pemerintahan adalah akuntansi pemerintahan. Akuntansi pemerintah berfungsi sebagai pengelolaan administrasi keuangan pemerintah kemudian melakukan pengendalian pengeluaran anggaran.

  1. Akuntansi Pendidikan (Education Accounting)

Bidang akuntansi yang secara khusus diarahkan dibidang pendidikan. Contohnya seperti mengajar akuntansi, penelitian tentang akuntansi, penyusunan kurikulum pendidikan atau yang lainnya selama masih berhubungan dengan ilmu akuntansi.

  1. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Akuntansi yang sangat berkaitan dengan pembuatan prosedur akuntansi ataupun alat-alat pendukungnya yang diikuti dengan penentuan langkah kedepannya yang didalamnya ada pengumpulan data serta pelaporan keuangan. Dengan adanya sistem informasi akuntansi, perusahaan dapat dengan mudah mengambil keputusan.

  1. Akuntansi Internasional (Accounting International)

Bidang akuntansi meliputi masalah-masalah yang terjadi dalam transaksi perdagangan antar negara atau internasional yang pada umumnya terjadi di perusahaan-perusahaan multi nasional.