Tiga Tantangan Besar Dunia Akuntansi di Era Modern

 

Dunia akuntansi dan bisnis modern telah melahirkan banyak peluang dan manfaat bagi kepentingan bisnis yang juga sangat berkaitan dengan keberlanjutan perusahaan. Teknologi berbasis cyber saat ini sangat mudah ditemukan dan juga dapat berkembang sedemikian rupa sehingga jelas dalam pelaksanaannya karena hampir semua keperluan bisnis saat ini sudah memasuki era digital.

Sektor akunting bisnis saat ini mengalami sejumlah perubahan dengan berjalannya waktu. Terjadi perubahan era yang berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung. Tidak terkecuali sector akuntansi.

Selama ini, akunting termasuk pekerjaan yang dilakukan secara manual meski sudah menggunakan komputer. Pekerjaan manual itu misalnya seperti memasukkan data, membuat laporan keuangan hingga menghitung arus kas perusahaan.

Oleh karena itu, pelaku usaha saat ini dituntut untuk update dan upgrade pengetahuan mengenai teknologi. Hal ini dilakukan untuk dapat menyelesaikan hambatan-hambatan yang sekiranya akan terjadi.

  1. Keamanan Data Akuntansi

Teknologi cloud computing, yaitu penyimpanan data yang berbasis cloud atau dipusatkan pada satu server pusat membuat teknologi ini makin banyak disukai. Proses akunting ini sudah terotomatisasi melalui software digital dan banyak memberikan manfaat. Mulai dari hemat waktu hingga mudah dalam berkolaborasi. Namun banyak pebisnis yang memilih untuk menunda penggunaannya dengan alas an keamanan, padahal banyak cara untuk mencegah data bocor dengan memilih software akuntansi terbaik.

 

SISCOM ONLINE adalah software akunting yang menjamin keamanan data pelanggan dengan paket yang terjangkau. Dengan software ini, Anda tidak perlu khawatir data Anda akan hilang.

 

  1. Analisis Data Perusahaan

Data akuntansi perusahaan menyediakan informasi akurat terkait kondisi finansial perusahaan hingga laporan keuangan perusahaan. Dengan informasi yang dihasilkan berdasarkan data tersebut, perusahaan Anda dapat mengambil keputusan.

Hambatan yang paling sulit saat ini adalah banyak akuntan yang memiliki kemampuan atau daya analisis. Padahal sebagai sebuah profesi yang banyak berkutat dengan angka. Akuntan bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah sehingga mereka tidak menyusun laporan keuangan  tetapi, menganalisis proses bisnis perusahaan dari awal hingga akhir.

  1. Akuntansi Era Digital

Era digital seperti sekarang didukung dengan perubahan sikap manusia. Tanpa adanya perubahan sikap manusia, tidak akan terjad perubahan. Selain itu, manusia juga tidak akan maju mengikuti perkembangan zaman apabila tidak beradaptasi.

Seluruh pelaku usaha saat ini sudah sedikit demi sedikit mengurangi penggunaan kertas atau paperwork serta mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud. Sehingga data perusahaan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. SISCOM ONLINE adalah software akuntansi yang prosesnya sudah otomatis duah terintegrasi dan Anda juga dapat menghemat lebih banyak waktu.