Saat membangun bisnis, beberapa kesalahan yang terjadi adalah belum adanya rencana bisnis yang jelas (business plan) sehingga bisnis berjalan tanpa memiliki peta dan arah yang jelas. Padahal rencana bisnis adalah hal yang paling diperlukan oleh seorang pebisnis dalam menjalankan suatu usaha.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari dalam pembuatan rencana bisnis:

  1. Telalu optimis

Untuk seoang pengusaha baru, memiliki sifat optimis ada baiknya, namun apabila Anda terlalu optimis akan menjadi kurang baik. Itu menjadi suatu hal yang harus dihindari dalam penyusunan rencana bisnis Anda agar Anda siap menerima kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Ingat, hal penting lain yang harus diingat juga adalah Anda harus mendengarkan beberapa saran dari orang lain atau yang lebih berpengalaman agar hasil dari pembuatan rencana bisnis yang lebih baik.

  1. Kurangnya riset pasar

Perkembangan ekonomi saat ini berkembang cepat, informasi yang Anda dapatkan hari ini belum tentu pas untuk besok. Faktor inilah yang berpengaruh dalam penyusunan rencana bisnis.

Dalam penyusunannya, rencana bisnis tidak bisa dilakukan dalam sehari dua hari, harus melakukan dengan riset paling tidak selama dua bulan, bahkan bisa lebih tergantung pasar yang disasar.

  1. Rendahnya analisa persaingan

Apabila semua faktor internal bisnis Anda sudah siap, maka jangan sampai Anda lupa untuk memperhitungkan hal-hal eksternal seperti pesaing bisnis Anda.

Sebelum Anda membangun bisnis, Anda harus menganalisa dengan baik pesaing bisnis Anda berikut kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Jangan sampai Anda membangun bisnis dengan Analisa yang tidak matang sehingga mengakibatkan usaha Anda tidak berkembang.

  1. Segmentasi target kurang jelas

Sebelum menentukan segmentasi pasar yang jelas, Anda harus terlebih dahulu melakukan analisa siapa target yang Anda masuki sehingga produk yang Anda ciptakan nanti tepat sesuai sasaran.

Sayangnya beberapa pengusaha baru yang kebingunan mencari siapa saja target pasar yang dibidik. Terkadang, yang paling banyak dicari adalah produk yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, bukan produk yang menarik untuk dijual.

  1. Business plan tidak ditulis

Beberapa pengusaha baru mungkin memiliki ide cemerlang mengenai bisnisnya namun tidak tertuang dalam tulisan sehingga pengusaha ini akan mengalami kesulitan.

Rencana bisnis yang jelas akan memudahkan Anda untuk mendapatkan dana tambahan maupun saat mengajukan peminjaman modal.

  1. Perencanaan keuangan tidak realistis

Perhitungan-kurang-akurat

Ini adalah hal paling pokok yang harus Anda perhitungkan adalah mengenai perencanaan keuangan bisnis Anda. Jangan terlalu tinggi berekspektasi dalam menghitung keuntungan. Anda harus mengerti realita yang terjadi sehari-hari misalnya kenaikan harga pokok produksi, bahan bakar dan lain sebagainya.

Jangan lupa apabila Anda ingin membuat rencana keuangan, lakukan juga pencatatan keuangan yang baik sehingga hal ini akan membantu bisnis Anda menuju kesuksesan lebih cepat.

SISCOM Online adalah software akuntansi online berbasis cloud  yang memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan sehingga keuangan bisnis Anda lebih teratur, fleksibel dan aman. Dengan SISCOM, kami akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan sehingga Anda akan lebih nyaman. Info lanjut klik disini.