SISCOM CLOUD ENTERPRISE

SISCOM CLOUD ENTERPRISE

Awal tahun adalah saat yang tepat untuk meng-upgrade sistem akuntansi dan pembukuan bisnis manual yang Anda biasanya dilakukan oleh Manajemen Keuangan dan Manajemen Akuntansi, saat ini dilakukan oleh berbagai aplikasi software akuntansi yang fungsinya juga membantu pengelolaan keuangan perusahaan.

Teknologi software akuntansi seperti juga sangat membantu Anda dalam persaingan bisnis, dimana waktu yang biasanya Anda dan manajemen gunakan untuk mengurus pembukuan perusahaan, dapat digunakan untuk membuat riset mengenai pesaing atau competitor bisnis Anda.

Di Indonesia, banyak terdapat software akuntansi yang sangat mudah dimengerti oleh orang akuntan maupun orang-orang awam (belum mengerti akuntansi). Adapun manfaat utama menggunakan software Akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Bekerja lebih cepat

Teknologi canggih software akuntansi yang diakses melalui komputer membuat Anda menyelesaikan semua pekerjaan pencatatan keuangan Anda mulai dari arus kas (cash flow), stok persediaan, hutang-piutang, laba rugi hingga laporan keuangan menjadi lebih cepat.

 

  1. Pembukuan lebih rapi

Software akuntansi ini biasanya memanfaatkan konsep modularitas misalnya Pembelian (account payable), Penjualan (account receivable), Penggajian dan lain sebagainya.

 

  1. Biaya lebih murah

Dalam sebuah perusahaan, untuk mengelola keuangan dengan baik dibutuhkan tiga atau lebih orang untuk mengatur keuangan. Namun dengan sebuah software akuntansi, perusahaan akan lbih efisien dan efektif dalam mengeluarkan biaya serta tidak membutuhkan banyak karyawan untuk membuat pembukuan keuangan.

 

  1. Bisnis lebih gampang

Anda biasanya dihadapkan dengan berbagai permasalahn dalam membangun bisnis misalnya sumberdaya terbatas, ataupun kesalahan dalam melakukan berbagai pencatatan. Dengan software akuntansi semua dapat diminimalisir.

 

  1. Data lebih aman

Dalam sebuah bisnis, keamanan data keuangan sangat penting. Penggunaan sebuah software akuntansi sangat menguntungkan dimana data akan otomatis tersimpan di server, namun beberapa perusahaan memiliki  server tersendiri sehingga software hanya digunakan untuk mengatur pembukuan saja.

 

  1. Laporan keuangan lebih jelas

Laporan keuangan perusahaan memiliki data yang sangat banyak dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyusunnya secara manual, mulai dari membuat tabel di Microsoft excel dan lain sebagainya. Dengan software akuntansi, Anda tinggal menginput data ke dalam sistem saja dan jadilah laporan keuangan.

 

Salah satu software keuangan yang murah dan cenderung banyak dipakai saat ini oleh bisnis UKM maupun perusahaan besar adalah SISCOM Accounting Software. Yang saat ini tengah mengembangkan teknologinya berbasis Cloud.

Perusahaan yang sangat ingin berkembang tentu harus mengikuti tren yang sedang update. Tidak terkecuali penggunaan software akuntansi berbasis cloud atau dikenal juga dengan cloud computing.

Istilah cloud computing  atau komputasi awan sudah ada sejak tahun 2000. Mengapa disebut cloud computing ? Karena dalam menjalankan proses komputasi, komputer menggunakan RAM, CPU, Storage dan sistem operasi. Cloud computing berarti penggabungan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan yang menggunakan cloud (awan) sebagai perantaranya.

Keuntungan perusahaan menggunakan software berbasis cloud adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi biaya

Dalam sebuah bisnis, penghematan biaya sangat penting. Dengan menggunakan software berbasis cloud, Anda tidak perlu menginstall program dan mendownload program yang rumit. Dengan biaya yang minim, perusahaan dapat menggunakan software canggih untuk menjalankan bisnisnya seperti mengontrol stok, multigudang, akunting, penjualan dan pembelian, sistem penggajian dan masih banyak lagi.

 

  1. Update

Sepanjang waktu, hardware dan software pasti akan butuh update. Penggunaan cloud semua software akan ter-update secara otomatis. Hal ini meminimalisir penggunaan biaya di perusahaan.

 

  1. Instalasi mudah

Dibandingkan dengan software berbasis premise, penggunaan software berbasis cloud termasuk mudah. Karena tidak membutuhkan proses yang berbelit-belit untuk instalasinya.

 

  1. Data terpusat

Salah satu yang paling unggul dalam teknologi cloud adalah sistem data yang terpusat dan berada di server. Kelebihan ini membuat Anda mungkin untuk mengakses mesin cloud Anda dari manapun dan kapanpun juga selama ada sambungan internet.

 

 

 

  1. Fleksibel

Sistem cloud memiliki fleksibilitas yang tinggi dan memungkinkan Anda untuk mengakses data di waktu yang Anda inginkan selama terhubung di jaringan layanan/internet. Misalnya jika Anda mengakses data tersebut yang tersimpan di server komputer perusahaan, Anda juga dapat mengakses data tersebut dari smartphone atau perangkat lain yang terhubung dengan internet.

 

  1. Investasi

Dengan menggunakan software berbasis cloud, bisnis Anda dpaat menghemat biaya investasi untuk membeli sebuah server dan atau komputer secara fisik. Anda tidak perlu menambah biaya hard disk, biaya maintenance, lisensi dan lain sebagainya. Biaya tersebut dapat digunakan untuk profit dan pengembangan bisnis.

 

  1. Ekspansi lebih mudah

Melalui teknologi berbasis cloud, kegiatan marketing bisnis Anda dapat berjalan dengan lebih baik karena dapat diakses secara fleksibel di mana dan kapan saja melalui perangkat Anda. Cloud computing juga membantu anda menjalankan strategi marketing berupa (SEO, media sosial dan lain sebagainya) dan juga pelanggan sata ini cenderung lebih menyukai tipe marketing seperti ini.

 

  1. Bekerja semakin mudah dan cepat

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat karena teknologi ini memberikan sumber daya teknologi yang canggih seperti komputasi, kapasitas besar dan bandwidth.

 

Salah satu perusahaan software akuntansi yang sudah berdiri sejak 23 tahun yang lalu, di Indonesia adalah SISCOM Accounting Software. Dengan tagline “Apapun Bidang Usaha Anda, SISCOM Accounting Software Solusinya”, SISCOM telah menciptakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda coba gratis selama 30 hari. Tunggu apalagi, segera miliki software akuntansi SISCOM dan nikmati keuntungan dalam berbisnis.

Baca juga : 8 Blog Yang Wajib Dikunjungi Finance Accounting