Proses akuntansi dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan. Baik usaha kecil maupun perusahaan yang sudah multinasional, baik pemerintah ataupun swasta, baik lembaga profit ataupun non profit, semuanya membutuhkan catatan yang jelas mengenai angka atau nominal keuangan.

Oleh karena itu, proses akunting memegang peranan penting untuk pengelolaan sebuah perusahaan. Proses keuangan juga dapat membantu Anda untuk mendisiplinkan kegiatan transaksi keuangan bisnis Anda. Perusahaan yang mengetahui peran akuntansi pasti akan mempertimbangkan beberapa aspek  diluar kegiatan inti misalnya laporan keuangan yang berisi debit kredit saja.

Tujuan dari seluruh proses accounting adalah pencatatan keuangan yang berkelanjutan sehingga setiap transaksi benar-benar terdokumentasikan. Informasi keuangan dari semua jenis biaya yaitu biaya modal, arus kas, utilitas, investasi, gaji, sumbangan dan lain sebagainya harus setiap bulan diperiksa secara berkala.

Berikut adalah peran akuntansi dalam sebuah bisnis.

  1. Sebagai Penyedia Informasi Keuangan

Proses accounting adalah kegiatan paling dasar yang harus dilakukan dalam pengelolaan keuangan. Seluruh data terkait keuangan akan dicatat dalam sistem ini, sehingga Anda dan seluruh stakeholders perusahaan dapat mengukur kondisi perusahaan.

Peran akuntansi dalam sebuah bisnis yang paling mendasar adalah karena kemampuannya dalam menyediakan berbagai macam informasi sekaligus jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan.

Segala data terkait keuangan akan tercatat dalam menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan.

Baca Juga :  Mengapa SISCOM ONLINE sangat cocok untuk Toko Handphone ? 

  1. Pengendali Keuangan

Akuntansi akan membuat Anda mengetahui semua data yang berhubungan dengan keuangan sehingga data tersebut Anda dapat mengetahui beragam informasi terkait segala sesuatu mengenai keuangan perusahaan.

Berdasarkan data yang Anda miliki, Anda akan dengan mudah mengevaluasi kinerja bisnis Anda sealama informasi keuangan yang didapat dari laporan keuangan Anda.

  1. Sebagai Media dengan Pihak Ketiga

Akuntansi tidak selalu berhubungan dengan pihak internal perusahaan namun akuntansi juga berhubungan dengan pihak eksternal yaitu stakeholders misalnya masyarakat, pajak dan juga auditor. Seorang akuntan juga menjadi mediator saat pengambilan keputusan dengan para vendor berdasarkan data keuangan perusahaan yang sudah disusunnya.

Sehingga seorang akuntan dapat memutuskan apakah harga yang di tentukan sudah masuk akan atau belum.

  1. Membantu Stakeholders Mengambil Keputusan

Para stakeholders perusahaan akan dengan mudah dan cepat dalam mengambil keputusan terkait perusahaan jika adanya informasi keuangan. Seorang akuntan bertanggung jawab menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan stakeholders.

SISCOM ONLINE adalah software akuntansi berbasis cloud yang memudahkan Anda dalam proses akuntansi seperti membuat laporan keuangan. Dengan SISCOM ONLINE, Anda dapat lebih mudah, cepat dan aman dalam mengelola dan memonitor keuangan bisnis dimana pun dan kapanpun secara realtime. Harga software akuntansi SISCOM ONLINE beserta fiturnya sangat recommended untuk berbagai jenis usaha. Info lebih lanjut silahkan klik di sini.