Enam Jenis Akuntan Yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Besar

 

Dari waktu ke waktu, dunia bisnis mengalami perkembangan. Untuk menunjang kelangsungan sebuah perusahaan, setiap staf harus bisa menjaga finansial agar tetap stabil.

Sebuah perusahaan yang baik memiliki laporan keuangan yang merupakan kekuatan utama untuk mengontrol kinerja sebuah perusahaan. Berdasarkan data pada laporan keuangan itu pula, manajemen, pemilik dan calon investor akan mengetahui keadaan sesungguhnya.

Tidak semua orang mampu membuat laporan keuangan perusahaan. Biasanya yang mampu menyusun laporan keuangan secara akurat adalah orang yang memiliki skill dibidang akuntansi atau akuntan.

Berikut adalah empat jenis akuntan yang paling banyak dicari dan banyak juga terdapat di bursa lowongan kerja perusahaan kecil maupun perusahaan besar di Indonesia.

  1. Perpajakan

Tidak semua orang paham urusan perpajakan apalagi perusahaan yang baru berdiri. Oleh sebab itu, tunjukkan nilai lebih dari seorang akuntan dengan paham urusan perpajakan sehingga pemilik bisnis tidak ragu-ragu memperkerjakan Anda.

 

  1. Credit Analyst

Seorang credit analyst bertugas menganalisa kemampuan calon pencari kredit dalam hal membayar kembali pinjamannya. Baik itu pokok pinjaman dan juga bunganya. Credit Analyst sangat dibutuhkan oleh perusahaan keuangan yaitu bank dan juga pembiayaan.

 

  1. Perencana Keuangan

Saat ini, pertumbuhan ekonomi golongan menengah ke bawah sangat signifikan. Juga meningkatnya kesejahteraan terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga membutuhkan seorang penasihat keuangan untuk mengelola keuangan perusahaan.

Contoh perencana keuangan di Indonesia adalah Prita Hapsari Ghozie. Beliau adalah salah satu perencana keuangan handal di Indonesia.

Profesi ini tidak melulu hanya untuk orang yang berlatar pendidikan ekonomi tetapi bisa siapa saja dan berlatar pendidikan apa saja.

Namun, sebaiknya untuk Anda yang berlatar pendidikan keuangan, ambillah sertifikasi sebagai perencana keuangan yang di keluarkan oleh beberapa lembaga keuangan yang berwenang.

  1. Auditor

Audit adalah suatu aktivitas yang berupa evaluasi pekerjaan, organisasi, sistem, proses atau produk dengan menggunakan kriteria tertentu yang bertujuan menentukan bahwa semua aktivitas tersebut sesuai dengan sistem yang ditetapkan.

Seorang auditor professional adalah salah satu jenis profesi yang layak menjadi pilihan . Profesi ini menjanjikan sebuah pekerjaan yang menantang.

Baca Juga : Peran Utama Akuntansi Dalam Bisnis Yang Harus Anda Ketahui

Calon auditor seharusnya memperoleh pendidikan di bidang akuntansi atau manajemen keuangan dan kemudian mengikuti pendidikan berkelanjutan tentang akuntansi dan auditing. Misalnya dengan mengikuti ujian Certified Public Accountant ataupun Certified Internal Auditor. 

  1. Business Analyst

Analis bisnis adalah seseorang yang bertugas menganalisis kebutuhan bisnis dan permasalahan penting lainnya bagi stakeholders dan juga mengusulkan solusi praktis.

Analis bisnis yang professional akan mengenali masalah yang terabaikan dan begitu samar atau tidak jelas.

Analisis bisnis harus berlatar belakang pedidikan manajemen, akuntansi ataupun keuangan. Pengalaman bekerja juga sangat dituntut karena terbiasa atau tidaknya menganalisis dilihat dari seberapa lama dirinya bekerja.

 

  1. SAP Application Consultant

Tugas SAP Application Consultant adalah mengumpulkan user requirement, melakukan analisa berbagai desain proses bisnis dan juga siap untuk mengimplementasikannya di aplikasi SAP.

SAP Application Consultant atau dikenal juga dengan SAP Functional Consultant terbagi lagi menjadi Controlling, Sales and Distribution, Financial, Material Management dan Business Warehouse.

Sebelum memilih karir sebagai functional consultant, sebaiknya milikilah pengalaman sebagai akuntan atau auditor terlebih dahulu.

Seorang akuntan juga harus paham mengenai teknologi yang sedang berkembang. Karena teknologi saat ini mengharuskan akuntan harus rajin update perkembangan terbaru sehingga mempermudah pekerjaannya dan memajukan perusahaannya. Akuntan dan modernitas harus melekat sehingga kegiatan akuntansi yang dilakukan lebih efisien.

Akuntan idaman juga adalah seseorang yang memiliki tingkat respon tinggi dan komunikatif. Sehingga informasi yang diberikan selalu update dan dapat dimengerti oleh para stakeholders dan tidka salah mengartikan kondisi finansial yang ada. Sebelum Anda menawarkan diri. Pastikan Anda memiliki salah satu kemampuan diatas.

Anda dapat berinvestasi dengan menambah akuntan yang mampu menghandle semua masalah keuangan juga membuat laporan keuangan atau Anda dapat memanfaatkan teknologi berbasis Cloud seperti SISCOM Online. SISCOM Online adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan realtime. Anda hanya perlu meng-input semua transaksi yang terjadi dalam bisnis dan SISCOM Online akan menyediakan laporan sesuai dengan data yang Anda masukkan.