Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi

Jika Anda ingin berbisnis, maka Anda dipastikan memerlukan sebuah sistem untuk melacak semua transaksi, yaitu sistem pembukuan dan akuntansi.

Pembukuan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap bisnis untuk memenuhi berbagai keperluan baik yang berhubungan dengan bisnis maupun kewajiban terhadap pemerintah yang dapat dilakukan dengan sistem pencatatan berganda (double entry).

Berikut adalah beberapa jenis kategori akuntansi yang sangat dibutuhkan di dalam emnjalankan sebuah bisnis.

  1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan berhubungan dengan informasi yang dipublikasikan kepada pemegang saham, pelanggan, kreditor dan badan pengatur, yang bertujuan menyediakan informasi keuangan yang penting bagi perusahaan kepada stakeholders.

 

  1. Akuntansi Manajerial

Informasi akuntansi manajerial tidak dibagi dengan publik karena ini adalah informasi yang sangat penting bagi perusahaan dan bersifat confidential seperti gaji, keuntungan dan biaya barang yang dihasilkan. Akuntansi manajerial bertujuan untuk membantu manajer perusahaan dan superviseor membuat keputusan keuangan.

 

Manfaat Akuntansi Untuk Bisnis

Jika Anda berencana mengembangkan bisnis dengan cara tepat dan terukur, Anda harus memiliki sistem pelacakan aset, liabilitas dan pendapatan bisnis yang cerdas dan tepat berdasarkan kinerja lalu kemudian menyajikannya.,

Sistem akuntansi yang jelas dan terorganisir, Anda dapat menganalisis data keuangan perusahaan dan mampu menambah keuntungan.

Sistem yang baik akan membantu Anda mendapatkan feedback puas dari pelanggan. Dengan memahami sejauh mana kemampuan perusahaan, maka Anda akan dapat menentukan kemungkinan untuk berinovasi agar dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di masa depan.

Selain hal-hal diatas, akuntansi membantu Anda untuk mengelola catatan penggajian, pembayaran pinjaman, pembayaran bunga dan mungkin yang terpenting, membuat Anda memiliki data keuangan yang Anda butuhkan untuk membayar pajak.

Dalam hal menangani akuntansi, perusahaan kecil biasanya menyewa seorang akuntan paruh waktu atau mempercayakan jasa akunting mereka kepada pihak ketiga, seperti fasilitas yang dimiliki oleh SISCOM yaitu melayani jasa akunting. Namun untuk perusahaan publik dengan banyak korporasi biasanya mereka menunjuk Manager Keuangan (Finance Manager) untuk menangani keuangan perusahaan  Hal ini dilakukan untuk menjaga akun tetap up-to-date.