Penggunaan Program Kasir Oleh Pengusaha

Saat Anda berniat mebangun usaha mulai dari toko, rumah makan hingga minimarket dengan berbagai macam varian barang yang dijual dan omzet penjualan belum terlalu besar, Anda belum berpikir bahwa pencatatan dan laporan bisnis adalah hal yang begitu penting.

Berbeda ketika bisnis yang Anda bangun sudah mulai maju dan berkembang, barang yang Anda sediakan pun akan lebih banyak dari sebelumnya karena mengikuti perkembangan zaman. Saat hal ini terjadi, Anda pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain ataupun program pembantu misalnya program kasir (Point Of Sales) .

Biasanya program kasir ini terdiri dari beberapa macam misalnya hanya dengan mesin kasir, gadget atau ipad  dan  software komputer yang terhubung dengan perangkat mesin kasir dan printer seperti yang banyak dipakai di minimarket atau supermarket saat ini.

Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin dapat meyakinkan Anda mengapa harus menggunakan software kasir untuk mengelola toko dan bisnis Anda.

  1. Memudahkan Pencatatan Data Barang

Pencatatan Transaksi Penjualan

Jika Anda sudah menggunakan software penjualan, Anda tidak perlu lagi mencatat barang Anda secara manual karena data barang Anda yang Anda input ke dalam aplikasi akan di disimpan di dalam software tersebut .

Anda hanya perlu untuk mencatat jumlah stok barang yang akan terakumulasi secara otomatis ke dalam mesin kasir yang telah terhubung, jika ada barang yang datang maupun berkurang karena proses penjualan.

 

  1. Data Persediaan Barang Akurat

Update kondisi barang terbaru dalam dunia penjualan sangat penting dilakukan sehingga Anda dapat mengetahui berapa banyak stok yang tersisa dan memudahkan Anda dalam melakukan proses pemesanan (pre-order).

Software penjualan dapat digunakan juga sebagai sistem pengendalian untuk membandingkan persediaan stok dari bulan ke bulan untuk mendapatkan Harga Pokok Penjualan (HPP) pada laporan keuangan, serta mengetahui kebenaran dalam laporan keuangan.

 

  1. Neraca Keuangan Dibuat Secara Cepat

Efisensi Menentukan harga pokok penjualan

Neraca keuangan adalah laporan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi tertentu yang menunjukkan posisi keuangan pada akhir periode. Tujuan Pembuatan neraca ini adalah sebagai penyedia informasi mengenai laporan keuangan toko yang menampilkan detail debit dan kredit. Neraca ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu aset, liabilitas dan juga ekuitas. Karena data sudah di masukkan ke dalam program, maka pembuatan neraca keuangan akan menjadi sangat cepat tanpa harus mencocokkan satu persatu laporan yang sudah Anda buat.

 

  1. Pengambilan Keputusan Bisnis Mudah

Dengan adanya program penjualan, pekerjaan yang tadinya memakan banyak waktu seperti mencatat transaksi dan lain sebagainya dapat berkurang. Jadi, Anda dapat menggunakannya untuk melihat  berbagai hal lain seperti grafik penjualan suatu produk, melihat berapa lama stok barang berkurang dan lain sebagainya tanpa repot mengecek gudang. Hal ini juga dapat mempengaruhi apakah Anda harus segera memesan barang untuk dijual atau menahannya jkarena sedikitnya penjualan.

 

  1. Pencatatan Harga Jual Efisien

Penggunaan barcode ini bertujuan untuk memudahkan pengenalan nama barang tanpa harus mencatat nomor seri yang sangat panjang. Program penjualan akan membuat Anda tidak perlu bekerja keras menempelkan harga pada setiap barang.

Setelah membaca beberapa alasan diatas, sebaiknya harus Anda pikirkan program penjualan terbaik untuk bisnis Anda mulai sekarang. Gunakan software akuntansi SISCOM yang juga berfungsi sebagai program penjualan atau kasir yang dapat mempermudah pelacakan persediaan dan pembuatan faktur penjualan bisnis Anda. Untuk info lengkap, klik di sini.