Diantara banyak hal, salah satu elemen yang bisa jadi mempengaruhi perkembangan usaha Anda adalah yaitu kemampuan Anda dalam memperlakukan calon pelanggan atau pelanggan. Jika Anda bisa  memperlakukan calon pelanggan dengan istimewa, maka bisnis Anda akan berkembang pesat. Oleh karena itu. Pemahaman karakter dari calon pelanggan cukup penting sehingga Anda dapat dengan tepat menghadapi dan menyiasati calon pelanggan dengan tepat.

Oleh karena itu, berikut tipe-tipe calon pelanggan dan cara menghadapinya.

  1. Calon Pelanggan Hemat

Pelanggan seperti ini biasanya lebih teliti dalam menghitung apa saja yang dilakukan saat berbelanja. Mereka akan memilih barang atau produk yang memiliki harga miring dengan kualitas yang baik pula. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah.

  • Sampaikan kepada pelanggan, manfaat dan fungsi seluruh produk agar bisa dibandingka oleh calon pelanggan
  • Miliki data seputar perhitungan setiap produk secara lengkap untuk memberikan informasi akurat kepada calon pelanggan.

 

  1. Calon Pelanggan Baik Hati

Pelanggan seperti ini biasanya memiliki banyak pengetahuan mereka tentang berbagai produk, termasuk produk yang Anda jual. Namun jangkan khawatir,karena apa yang mereka katakan belum tentu seluruhnya benar. Jadi, beberapa hal yang harus Anda lakukan :

  • Perhatikan arah pembicaraan calon pelanggan tersebut, begitu ada celah, manfaatkan untuk menawarkan produk yang Anda jual.
  • Menyetujui semua pendapat mereka
  • Rayu mereka agar mau menggunakan produk yang Anda jual

 

  1. Calon Pelanggan Cerewet

Calon pelanggan seperti ini sangat aktif berbicara dengan gaya santai dan akrab. Mereka cenderung lebih mudah diajak bercakap.

Mereka akan berbicara apa saja dan juga seakan terlalu berlebihan. beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah.

  • Miliki informasi akurat tentang produk yang Anda jual
  • Cobalah menjadi pendengar yang baik dengan membiarkan calon pelanggan berbicara
  • Ketika pelanggan berbicara, ikuti alur pembicaraan calon pelanggan Anda. Setelah ada celah, masuk ke dalam produk Anda.

 

  1. Calon Pelanggan Pendiam

Calon pelanggan seperti ini membuat Anda lebih aktif. Beberapa yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Aktif membuka pembicaraan dengan calon pelanggan
  • Buka pembicaraan dengan hal yang ringan terlebih dahulu
  • Ketika calon pelanggan sudah mulai terbuka, segera masuk ke pembicaraan yang mengarah kepada produk yang Anda jual

 

  1. Calon Pelanggan Pembanding

Jika pelanggan Anda seperti ini, Anda harus ekstra sabar dan hati-hati. Sebab biasanya mereka sudah mengetahui beberapa produk Anda bahkan pesaing Anda. Mereka tidak segan-segan membandingkan produk Anda dari seluruh sudut pandang seperti harga, kualitas dan lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah.

  • Anda harus menguasai detail produk-produk yang Anda dan kompetitor Anda tawarkan
  • Tetap berikan penjelasan tiap detailnya dengan bahasa yang baik dan sopan, walaupun mereka tetap mempertahankan pendapatnya.

 

  1. Calon Pelanggan Tidak Sabaran

Tidak semua produk yang Anda jual, siap dalam waktu singkat. Bisa jadi ada yang memerlukan proses panjang dan juga lama. Namun ada konsumen yang ingin mendapatkan hasil yang cepat dan tidak mau menunggu lama. Berikut hal yang harus Anda lakukan.

  • Menjelaskan dengan baik estimasi waktu utnuk memproses pembuatan produk
  • Sampaikan semuanya dengan baik dan sopan

 

  1. Calon Pelanggan Judes

 

Calon pelanggan jenis ini sangat menyebalkan dan pasti Anda berharap tidak bertemu dengannya. Oleh karena itu berikut adalah hal yang harus Anda lakukan.

  • Sikapi dengan ramah. Siapa tahu dengan keramahan Anda, suasana akan mencair.
  • Susun bahasa yang baik.
  • Jangan lupa, berikan senyum terbaik Anda.

 

8.  Calon Pelanggan Angkuh

Untuk menghadapi tipe konsumen seperti ini, Anda harus melakukan beberapa cara seperti:

  • Belajar mendengarkan apa yang mereka sampaikan
  • Jangan memberikan argumentasi Anda secara terburu. Hal ini terkesan membuat Anda seperti membela diri.
  • Jika mereka sudah menyampaikan masalah yang dihadapi, jelaskan permasalahan dan carilah solusi untuk menyelesaikannya.