Bisnis-Rumah-Sewa SISCOM

Dalam berbisnis, properti adalah pilihan yang menarik bagi para investor. Bisnis properti juga macam-macam jenisnya, mulai dari tanah, lahan kebun, rumah sewa/kos/kontrakan hingga apartemen. Namun banyak pemain baru yang merasa sektor tersebut paling menguntungkan dibanding lainnya.

Jika Anda pandai melihat peluang, Anda pasti dapat melihat banyaknya bisnis properti khususnya rumah kos di sekitar kampus atau daerah perkantoran. Selain itu rumah kos di sekitaran kampus dan cenderung berkembang setiap tahunnya karena banyaknya pendatang baru yang merantau untuk mencari ilmu sampai bekerja di kota tersebut.

Berikut adalah beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat akan memulai usaha kos-kosan:

  1. Cari lokasi strategis

Rumah-Sewa-Kontrak-Murah-SISCOM

Yang paling penting dalam membangun bisnis rumah kos adalah mencari tempat strategis dengan cara melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa tempat kemudian bandingkan. Setelah survey, Anda tinggal menentukan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap banyaknya peminat kos seperti:

  1. Harga (berapa harga pasarannya. Anda bisa menaikkan atau menurunkan sesuai dengan fasilitas yang Anda tawarkan)
  2. Akses ke lokasi kampus atau kantor yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki sehingga menghemat biaya transportasi.

 

  1. Utamakan kebersihan, kenyamanan dan keamanan

Kamar-Sewa-SISCOM

Jaminan kebersihan, kenyamanan dan keamanan kos adalah tanggung jawab Anda dan harus Anda utamakan. Seluruh kamar berhak mendapat pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik agar mereka nyaman. Selain itu juga, Anda harus mampu memilih-milih anak kos untuk menghuni kos Anda karena kemanan dan kenyamanan penghuni lainnya tergantung satu sama lain.

Anda harus mengetahui latar belakang singkat setiap penghuni kos. Bisa dengan interview dan meminta fotocopy ktp ataupun dengan formulir lengkap ditambah fotocopy ktp.

 

  1. Aksesibilitas mudah

Aksesibilitas-mudah-Software-Akuntansi-Online

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa lokasi kos-kosan yang aksesibilitasnya mudah akan menjadi pertimbangan juga bagi para penghuni kos. Tentu penghuni kos Anda tidak melulu hanya diam di kamar namun juga selalu berpergian. Untuk itu akses yang mudah ke berbagai tempat seperti stasiun, terminal, bandara hingga berbagai tempat hiburna menjadi nilai positif bagi kos-kosan Anda.

 

  1. Sediakan Wi-fi

Fasilitas Wi-Fi SISCOM

Fasilitas wi-fi atau wireless fidelity untuk memberikan kemudahan dalam mengakses internet tidak hanya disediakan didalam mall namun juga perlu diberikan didalam rumah kos mahasiswa.

Layanan internet nirkabel tersebut sudah menjadi bagian yang terintegrasi dengan kebutuhan mahasiswa sekarang ini. Jadi mereka dapat mengakses internet kapanpun tanpa harus keluar kamar kos.

 

  1. Harga kompetitif

Rumah-Sewa-SISCOM

Faktor penentu paling penting agar kamat kos yang Anda sewakan selalu penuh dan ramah adalah harga. Berikan harga yang sesuai dengan target dan fasilitas yang Anda miliki di kos tersebut misalnya kamar kos dengan kipas berbeda dengan kamar kos dengan AC. Begitupun dengan harga kamar kos yang sudah lengkap dengan kamar mandi dan kamar kos tanpa kamar mandi (kamar mandi di luar).

 

  1. Fasilitas Tambahan lain

Fasilitas-Tambahan-SISCOM

Selain kamar kos, kamar mandi dan Wi-Fi, sebagai pemilik kos, Anda juga harus memerhatikan fasilitas lain yang menunjang kebutuhan mahasiswa misalnya layanan laundry, makan ataupun garasi kendaraan.

Beberapa fasilitas ini akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar sehingga kamar kos Anda akan banyak peminatnya dan Anda akan meraih keuntungan besar jika kamar kos Anda penuh.

 

  1. Promosi

Promosi-Rumah-Sewa-SISCOM-Online

Setelah semuanya siap, hal yang sangat mungkin dilakukan terakhir adalah melakukan pemasaran atau promosi mengenai bisnis rumah kos Anda. Maksimalkan penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

 

Misalnya lokasi kamar kos Anda berada di sekitaran kampus, jangan lupa menempelkan brosur di sekitaran kampus agar target sasaran Anda dapat melihatnya.

Dengan melakukan beberapa cara diatas, bisnis kos-kosan akan menjadi hal yang sangat menguntungkan. Namun, jangan sampai Anda cepat puas dengan pencapaian Anda setelah kamar kos Anda memiliki banyak peminat. Tetap layani mereka dengan baik. Jika mereka memiliki saran dan kritik, terimalah saran dan kritik merupakan faktor penentu bisnis Anda.

Saat memulai bisnis rumah sewa, jangan lupa untuk membuat pembukuan yang rapi sehingga memudahkan Anda untuk mengelola keuangan rumah sewa. Anda dapat menggunakan SISCOM ONLINE sebagai software akuntansi yang dapat mengelola pembukuan keuangan Anda dengan tepat dan realy-time. Info lengkap klik di sini.