Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar cloud computing. Cloud computing di populerkan oleh Amazon, salah satu e-commerce di dunia pada tahun 2006, namun baru booming belakangan ini. Padahal, dengan teknologi cloud computing ini banyak keuntungan yang dapat diraih pemilik bisnis.

Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi berbasis cloud adalah dapat menurunkan biaya operasional perusahaan misalnya sebagai berikut:

1. Mengurangi hardware cost

Sistem cloud computing sangat bermanfaat karena Anda tidak memerlukan penggunaan hardware yang banyak. Hal seperti ini sangat membantu perusahaan yang baru saja dibangun karena pengeluaran yang minim, sedangkan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan tentu Anda harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Dengan memanfaatkan teknologi cloud, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk perangkat penyimpanan tambahan seperti external hard disk drive (HDD). Sistem berbasis cloud akan menyimpan data-data Anda pada server yang ada di internet sehingga tidak akan membuat ruang penyimpanan data Anda penuh. Format penyimpanan yang seperti ini di samping menghemat ruang penyimpanan data, juga dinilai lebih aman karena hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses data di dalamnya.

Di saat Anda menekan biaya untuk hardware, maka tanpa disadari Anda akan menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik perusahaan. Sistem penyimpanan konvensional akan mengeluarkan panas yang berlebih sehingga membuat penggunaan listrik membengkak.

2. Menekan biaya maintenance

Jika Anda menggunakan peranti seperti komputer atau ruang penyimpanan eksternal, ada kalanya Anda harus mengeluarkan dana sendiri untuk maintenance atau perawatannya. Biaya ini dapat membengkak apabila ternyata ditemukan kerusakan pada peranti Anda.

Hal-hal tersebut tidak akan Anda alami jika Anda menggunakan teknologi cloud. Cloud Computing yang berupa software tidak akan membutuhkan biaya perawatan yang besar. Jadi jika sewaktu-waktu Anda mendapatkan error pada program Anda, Anda cukup menghubungi IT untuk memperbaiki error tersebut. Lebih baik lagi jika Anda memiliki staff IT sendiri.

3. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Penggunaan cloud computing akan membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda karena adanya peningkatan dalam efeksivitas waktu operasional kerja.

Dalam hal ini, cloud computing mampu menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu tugas sehingga karyawan Anda dapat mengalokasikan waktunya untuk hal lain yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan software akuntansi SISCOM Accounting Software untuk melakukan inventarisasi aset dan pencatatan keuangan Anda. Software ini dapat Anda peroleh dengan mudah di situs resmi www.siscom.co.id atau www.siscomonline.co.id.

Dengan menggunakan software akuntansi ini, Anda tidak akan kesulitan dalam melakukan inventarisasi menggunakan perangkat ini. Dengan begitu seluruh pekerjaan dapat Anda lakukan dengan mudah.

4. Sebagai investasi modal perusahaan

Cloud biasanya tersedia dalam harga yang fleksibel. Selain itu, Anda tidak perlu menginstall dalam perangkat. Dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda hanya harus mempersiapkan format pembayaran yang harus dibayar.

Ini dikarenakan Anda harus memiliki perencanaan yang matang untuk keluar masuk sistem cloud yang Anda miliki.

Disamping itu, dengan transaksi pembayaran tanpa tunai, Anda juga dapat meminimalisisr risiko pengeluaran dana tidak terduga. Anda hanya perlu membayar sistem yang Anda gunakan.

Jika perusahaan Anda sedang mencari software akuntansi, SISCOM Accounting Software adalah software yang tepat karena telah dipercaya sejak 24 tahun yang lalu oleh ribuan pengusaha di seluruh Indonesia.