Beberapa perusahaan atau brand usaha hanya peduli bagaimana dengan cara pelanggan membeli jasa atau produk yang mereka hasilkan namun tidak peduli dengan keterlibatan pelanggan mungkin sering disepelekan dan diletakkan dalam daftar paling akhir dalam penyusunan strategi marketing atau pemasaran.
Keterlibatan pelanggan atau konsumen menurut Pride dan Ferrel adalah alasan konsumen merasa termotivasi untuk mencari informasi tentang suatu produk dan merek tertentu. Semakin banyak pelanggan yang merasa diikutkan dalam bisnis akan lebih banyak membeli barang dan mempromosikan serta menunjukkan kesetiannya terhadap bisnis pada suatu produk atau brand usaha.

Beberapa elemen yang sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan mempengaruhi peningkatan pembelian adalah sebagai berikut.

1. Harga Produk

Harga-Produk

Elemen terpenting yang sangat mempengaruhi penilaian kepuasaan pelanggan adalah harga produk. Jika Anda membandrol produk dengan harga yang relative tinggi, maka kemungkinan orang akan membeli produk tersebut kecil.

Namun Jika Anda memperhitungkan sebaik-baiknya, yaitu keseimbangan antara harga produk dan kualitas produk, maka bisnis Anda akan sangat diminati pelanggan. Jangan lupa untuk membuat packaging yang menarik sehingga menambah daya beli.

2. Kualitas Produk

Kualitas-Produk
Selain harga produk, elemen yang tak kalah penting dan sangat mempengaruhi kepuasan dari pelanggan yang membelinya adalah kualitas produk tersebut. Maka dari itu antara harga dan kualitas yang ditetapkan harus seimbang. Kualitas produk yang baik akan memberikan nilai kepuasan yang tinggi pada produk.

3. Kualitas Pelayanan

Pelayanan
Elemen lain yang penting selain harga dan kualitas produk adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan ekstra membuat produk atau jasa yang Anda tawarkan berbeda dari produk dan jasa di bidang yang sama lainnya sehingga ini menjadi ciri khas bisnis Anda.

Untuk mengambil hari pelanggan, berikanlah pelayanan terbaik sehingga pelanggan tak segan-segan kembali untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Kemudahan Dalam Membeli

Tipe-Pembayaran
Dalam membeli sebuah barang, metode yang digunakan berbeda-beda. Jika usaha yang Anda jalankan di bidang usaha online, sediakan pilihan pengiriman yang banyak sehingga pelanggan dapat memilih sendiri ekspedisi yang akan digunakan. Begitupun dengan cara pembayarannya. Akan lebih baik jika selain tunai, Anda juga menyiapkan pembayaran melalui minimarket, virtual account dan juga transfer antar bank.

Semakin mudah dan cepat produk didapatkan, maka semakin banyak penilaiannya dan nilai kepuasan pelanggan yang Anda terima akan semakin meningkat.

Untuk mendukung semua hal diatas, Anda membutuhkan beberapa riset pasar mengenai kebutuhan konsumen. Gunakan software akuntansi SISCOM ONLINE sebagai solusi pengelolaan keuangan bisnis Anda. Info lengkap, klik di sini.