Akuntansi mengikuti perkembangan Financial Technology atau dikenal dengan FinTech saat ini semakin meningkat, tak terkecuali di Indonesia. Pelaku bisnis dihadapkan dengan banyaknya pilihan software akuntansi dan keuangan yang ‘hampir semuanya’ memenuhi kebutuhan.

Namun sebelum memutuskan memakai software tersebut, ada baiknya Anda tahu apa saja yang harus dimiliki sebuah software untuk mengetahui aman atau tidaknya software tersebut jika digunakan. Calon pengguna harus tahu cara memilih software akuntansi yang tepat untuk perusahaan

Berikut adalah faktor-faktor yang harus ada dalam software pilihan Anda.

  1. Keamanan

Software akuntansi yang aman akan memiliki jaminan keamanan misalnya sertifikasi atau ISO. Selain itu, jaminan keamanan tersebut juga diakui oleh lembaga resmi atau yang berwenang. Memegang lisensi keamanan dari lembaga yang bersangkutan membuat software yang Anda pilih telah resmi terdaftar serta mengikuti prosedur keamanan yang telah diakui pemerintah.

 

  1. Garansi

Produk software akuntansi yang berbasis premise ataupun online yang aman, harusnya memberikan garansi juga terhadap keamanan software-nya.

 

Garansi keamanan tersebut juga yang dapat membuktikan bahwa perusahaan software memiliki usaha untuk memberikan perlindungan terhadap kerahasiaan data keuangan yang Anda miliki.

 

  1. Service

Kemungkinan adanya pencurian, kerusakan data keuangan keuangan perusahaan dan lain sebagainya dapat dilihat sebagai faktor keamanan juga. Hal tersebut menjadi masalah jika tiba-tiba terjadi pada software tersebut. Pelayanan maksimal dari perusahaan software kepada Anda sebagai calon pelanggan membuat pertimbangan Anda juga dalam memilih software akuntansi.

 

Selain beberapa hal diatas, ada hal lain yang harus Anda pertimbangkan seperti berikut.

  1. Memahami kebutuhan

Analisis terlebih dahulu kebutuhan keuangan bisnis Anda sebelum membeli software keuangan, baik itu dari segi finansial maupun dari segi manajerial. Pelajari terlebih dahulu segala hal tentang akuntansi dan keuangan sehingga semua kebutuhan Anda dalam mengelola keuangan terpenuhi.

 

  1. Menggunakan terkonologi terbaru

Software keuangan yang baik adalah software yang menggunakan bahasa pemrograman terkenal dan up to date. Dengan memudahkan pelanggan dalam pengoperasiannya, software tersebut dapat dipakai setidaknya dalam jangka waktu yang lama. Minimal 5 tahun kedepan. Jangan lupa pilihlah yang telah menggunakan teknologi berbasis Cloud.

 

  1. Harga terjangkau

Boleh memilih software yang murah, namun jangan juga memilih yang terlalu murah atau terlalu mahal. Umumnya harga software akuntansi yang terlalu murah tidak memiliki fitur yang dilengkapi dengan keamanan sehingga sangat beresiko bagi data keuangan perusahaan Anda. Berbeda dengan yang mahal, Perusahaan besar menggunakan software keuangan yang mahal karena jumlah transaksinya cukup banyak. Pilihlah software yang sesuai dengan budget perusahaan Anda.

Baca Juga : Software Apotek

Saat ini, SISCOM ONLINE merupakan software keuangan yang tepat dan dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan. Hanya dengan Rp 220 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan teknologi aplikasi pengelola keuangan berbasis Cloud sehingga dapat Anda monitor dimana dan kapan saja.

Cari tahu lebih lanjut dengan kunjungi www.siscomonline.co.id sekarang juga.