Cara Menghitung HPP SISCOM ONLINE

Dalam melakukan suatu bisnis, perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah suatu hal yang sangat penting.  Karena pada dasarnya. melalui tahap inilah Anda dapat menentukan harga jual untuk mendapatkan perhitungan keuntungan sesuai keinginan Anda.

Berdasarkan prinsip akuntansi di Indonesia, harga pokok penjualan adalah jumlah pengeluaran dan beban yang diperkenankan, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk menghasilkan barang atau jasa.

 

Manfaat Perhitungan HPP

Manfaat adanya perhitungan HPP adalah agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan harga jual untuk mendapatkan laba sesuai yang diinginkan. Karena perhitungan harga pokok penjualan merupakan perbandingan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan barang yang dijual, dengan hasil dari barang yang dijual tersebut, termasuk dengan nilai-nilai dengan harga jual.

Informasi HPP dapat digunakan untuk memantau budget yang dianggarkan dan yang telah dikeluarkan. Hl ini juga memudahkan Anda dalam mengawasi keuangan bisnis Anda. Dengan melakukan hal tersebut, seorang pengusaha juga dapat mengetahui pesanan mana yang menghasilkan laba ataupun rugi

 

Cara Menghitung HPP Usaha Dagang

Menghitung harga pokok penjualan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, sebab terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan yaitu persediaan barang di awal dan akhir periode. Nah hal ini dapat Anda lihat melalui neraca saldo periode berjalan/neraca awal perusahaan/neraca tahun sebelumnya.

Untuk mendapatkan harga penjualan pokok dalam perusahaan dagang dapat digunakan cara berikut:

  1. Perhitungan Penjualan Bersih

Penjualan bersih = Penjualan – (Retur Penjualan + Potong Penjualan)

  1. Perhitungan Pembelian Bersih

Pembelian bersih = (Pembelian + Ongkos Angkut Pembelian) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)

  1. Menghitung Persediaan Barang

Persediaan Awal + Pembelian Bersih

  1. Menghitung HPP Bisnis Dagang

Persediaan Barang – Persediaan Akhir

 

Cara Menghitung HPP Usaha Jasa

Perhitungan bisnis jasa tidak jauh berbeda dengan bisnis dagang, hanya saja tidak ada harga pokok penjualan HPP dalam laporan laba rugi. Saat membuat HPP bisnis jasa, Anda harus memiliki persediaan awal, pembelian dan beban angkut pembelian.

Ingin lebih mudah dalam mengelola keuangan bisnis dagang ataupun jasa apa saja ? Gunakan SISCOM Online. Software ini memudahkan Anda dalam membuat penawaran hingga invoice mana yang sudah jatuh tempo dan perlu di follow-up kembali. Info lengkap, klik di sini.