Toko Beras

Toko Beras

Saat membangun sebuah bisnis, Anda dituntut harus mengetahui kondisi pasar. Adapun jenis pasar terbagi menjadi 5 bentuk pasar yaitu:

  1. Pasar persaingan sempurna
  2. Pasar persaingan tidak sempurna

Apa itu pasar persaingan sempurna ? Dalam dunia ekonomi, pasar persaingan sempurna adalah suatu keadaan pasar dimana terdapat banyak perusahaan dan pembeli, memperdagangkan produk yang homogen (sama) dan harga telah ditentukan sehingga penjual atau perusahaan tidak memiliki kebebasan lagi untuk menentukan harga.

Ciri Pasar Persaingan Sempurna adalah sebagai berikut.

1.Jumlah penjual dan pembeli banyak

Ciri utama pasar persaingan sempurna salah satunya adalah banyaknya jumlah penjual dan pembeli. Hal ini menandakan adanya interaksi yang terjadi diantara mereka namjun hal tersebut tidak mengubah harga karena sudah ditetapkan.

Akibatnya harga produk yang ada di pasar persaingan sempurna pun bersifat tetap berapapun jumlah produk yang sudah dijual.

Banyaknya jumlah penjual menyebabkan produksi barang dibatasi menjadi lebih sedikit sehingga satu perusahaan berusaha menaikkan harga produk, namun hal itu tidak akan berpengaruh pada harga yang berlaku di pasar. Sehingga ketika satu penjual atau perusahaan bermasalah maka langsung dengan cepat digantikan perusahaan lain.

2. Produk yang diperjualbelikan homogen (sama)

Produk yang dijual perusahaan dalam pasar persaingan sempurna hampir keseluruhannya sama atau identik. Pembeli pun kesusahan membedakan produk perusahaan satu dengan yang lain. Namun yang menjadi masalah adalah produk yang seragam dapat menghambat inovasi perusahaan.

3. Penjual tidak bisa mengendalikan harga barang

Produk yang homogen ternyata berpengaruh kepada kontrol penjual atau perusahaan terhadap harga produk.

Kenaikan volume barang terjadi apabila banyak penjual yang terlibat dalam kegiatan pasar sehingga dapat mengakibatkan kecurangan oleh penjual untuk mengatur ketersediaan produksi barang sehingga berimbas pada kenaikan harga.

Cara menghindari hal tersebut adalah dengan menggunakan jumlah permintaan dan penawaran sebagai dasar dengan tetap mengikuti harga yang tetapkan pasar.

4. Kebebasan membuka dan menutup pasar

Apabila ada penjual atau perusahaan yang ingin membuka bisnis baru dianggap menguntungkan karena usaha lamanya merugikan, maka dapat dilakukan dengan bebas. Tidak ada penggunaan surat perjanjian dalam membuka ataupun menutup pasar dalam pasar persaingan sempurna.

5. Penjual dan pembeli paham tentang pasar

Dalam pasar persaingan sempurna, informasi bebas beredar dan cepat mengalami perubahan sehingga pembeli dan penjual harus memiliki pengetahuan yang baik terkait kondisi pasar serta hal-hal lain yang terkait dengan transaksi dan interaksi antar penjual dan pembeli.

Sama dengan pasar lainnya, pasar persaingan sempurna juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Mudahnya akses keluar masuk pasar
  • Keuntungan yang didapat penjual tidak banyak
  • Harga barang sudah ditetapkan oleh mekanisme pasar yang meliputi penawaran dan permintaan
  • Produk atau barang yang dijual memiliki sifat mirip atau sama.

Kekurangan

  • Inovasi dan kreasi hampir tidak dilakukan oleh perusahaan ataupun penjual di pasar persaingan sempurna.
  • Produk yang disediakan sama semua (homogen)
  • Keuntungan yang diperoleh penjual atau perusahaan sangat sedikit
  • Golongan tertentu yang cenderung memiliki modal lebih besar memanfaatkan sumber daya, akibatnya tidak ada pemerataan pendapatan.

 

Berikut adalah salah satu contoh yang dikatakan paling mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempurna.

  1. Balam komoditi beras, penjual dan pembeli jumlahnya sangat banyak.
  2. Penjual dan pembeli tidak akan mempengaruhi harga
  3. Komoditi beras adalah komoditi homogeny karena yang menyebabkan perbedaan adalah mutu dan kualitas, sehingga kedua hal itu yang dapat membedakan harga.

Di Indonesia, Bulog (BUMN) masih memegang peranan dalam pengendalian harga sehingga hal inilah yang menyebabkan campur tangan pemerintah masih ada, walaupun tidak banyak.

Dimanapun target pasar Anda, gunakan software akuntansi SISCOM ONLINE untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis Anda. Sehingga Anda dapat memperolah laporan keuangan secara cepat dan bisnis Anda semakin lancar.