Melek Finansial

Sebagian besar pemilik bisnis besar awalnya tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola keuangan yang baik serta semestinya, namun mereka sungguh-sungguh belajar sehingga bisnis yang mereka jalani maju dan berkembang hingga saat ini.

Pemilik usaha yang tetap bertahan tanpa memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keuangan akan sangat beresiko bagi perusahaannya, apalagi jika memiliki keluarga besar atau banyak tanggungan.

Dengan belajar mengenai cara mengelola keuangan yang baik dan benar, Anda akan mampu membuat sebuah rencana keuangan dan berusaha menjalankan serta menerapkan berbagai cara untuk bisa mencapai hal tersebut.

Beragam cara itulah yang kemudian dijalankan menuju target-target keuangan di masa depan baik jangka pendek maupun jangka panjang sehingga keuangan dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga memberikan dampak positif di dalam kehidupan pribadi yang menjalankannya.

Melek keuangan dapat dibiasakan dan diajarkan sejak dini pada anak-anak Anda karena usia anak-anak adalah usia yang mudah menyerap pelajaran. Berikut beberapa hal yang dapat Anda berikan.

Download juga artikel Lima Cara Berhemat Yang Dapat Anda Terapkan Saat Menjalankan Usaha Mikro

1. Berikan Contoh

Mengajar-Anak-Melek-Finansial

Membiasakan anak-anak untuk melek keuangan sejak dini adalah pilihan tepat sehingga anak-anak akan mengerti suatu saat nanti dan terbiasa memiliki kemampuan mengelola keuangan sejak kecil.

Tunjukkan pada mereka mengelola keuangan yang baik dan biasakan juga pola hidup sehat sehingga mereka dpaat mencontoh apa yang Anda ajarkan. Evaluasi secara berkala mengenai cara mereka mengelola keuangan.

2. Biarkan Anak-anak Mengatur Uang Jajannya Sendiri

Mengatur-Keuangan-Anak

Sekali-kali, ajaklah anak Anda ke bank dan jelaskan fungsi dan manfaat menabung uang di bank. Jika usianya sudah cukup, bukalah rekening atas nama anak Anda sehingga sejak kecil mereka dapat belajar menyimpan uang sendiri.

Anak-anak menyukai hal yang baru sedangkan hal seperti itu pasti baru untuk mereka dan selalu mereka nantikan. Jangan lupa, biasakan anak Anda untuk mencatat dan mengetahui kebutuhan mereka.

Melek keuangan adalah hal wajib yang perlu diketahu oleh semua orang dewasa, dimana setiap orang harus memiliki kemampuan mengelola keuangan dan mengambil keputusan dalam keuangan pribadi maupun perusahaan mereka.

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis Anda, gunakan selalu Software Akuntansi SISCOM ONLINE. SISCOM adalah developer software bisnis yang bisa digunakan untuk beragam bisnis. Misalnya software penjualan untuk membantu Anda mengelola pencatatan transaksi penjualan serta terintegrasi dengan persediaan barang hingga laporan keuangan.