Dari seluruh bulan, bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Di bulan ini, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa yaitu menahan haus dan lapar serta nafsu amarah yang bisa membatalkan puasa dari terbitnya matahari hingga tenggelam.

Bukan hanya umat muslim, namun pebisnis juga menunggu bulan ini dengan perasaan bahagia. Di bulan Ramadhan biasanya pebisnis mendapatkan omset 2 hingga 3 kali lipat lebih besar dari bulan sebelumnya.

Yuk cek disini ide bisnis apa yang cocok bikin kantong kamu makin tebel jelang lebaran.

  1. Kue Lebaran

(Sumber: resepenak.top)

Saat menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan, Anda pasti sudah membayangkan rumah Anda pasti akan diserbu orang saat menjelang lebaran. Jangan lupa, kue kering akan menjadi hidangan wajib bagi tamu-tamu yang datang.

Jika kamu punya hobi masak atau membuat kue kering, peluang bisnis ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain hobi masak kamu tersalurkan, kamu juga dapat lebih banyak berkreasi dan berinovasi. Siapa tahu kamu bisa dapat menu baru yang bakal viral !

Bisnis kue lebaran akan viral biasanya kurang dari 2 minggu sebelum lebaran. So, jangan ragu untuk berkreasi. dan persiapkan semuanya mulai sekarang ya guys!

 

  1. Parcel Lebaran

(Sumber: Snap361.com)

Parcel lebaran merupakan bisnis oke dan banyak dibutuhkan karena hampir semua orang dan perusahaan membutuhkan parcel untuk diberikan kepada keluarga, partner bisnis, karyawan hingga ART dirumah.

Tanpa keahlian khusus, Anda bisa bisnis parcel dengan cara mix and match  makanan yang ada di minimarket atau supermarket nih. Apalagi kamu punya kenalan berbisnis kue lebaran juga bisa diajak kerjasama loh.

 

  1. Dokumentasi Acara

(Sumber: Wowkeren.com)

Momen Lebaran sering menjadi momen untuk bersilahturahmi dengan teman atau keluarga tersayang. Untuk kamu yang tidak merayakan Lebaran, kamu bisa jadikan momen ini untuk menambah pundi-pundi kantong kamu. Daripada cuma bengong di rumah mending cari duit kan ?

 

  1. Dekorasi Lebaran

(Sumber: Kompasiana.com)

Dekorasi rumah untuk lebaran juga menjadi bisnis yang ramai dicari menjelang lebaran nanti, apalagi untuk keluarga yang jauh dan hanya berkumpul sesekali saat lebaran, maka dekorasi meja makan ataupun backdrop foto menjadi hal penting tuh.

 

  1. Penitipan Hewan Peliharaan

(Sumber: Hillspet.co.nz)

Beberapa orang mungkin memiliki hewan peliharaan di rumah seperti kucing atau burung, gak mungkin donk membawa hewan peliharaan untuk ikut pulang ke kampung halaman. Dari transportasinya yang tidak memungkinkan, membawa hewan ke kampung halaman bisa juga membahayakan. Nah kesempatan kamu nih yang penyayang hewan, bisa punya teman pas lebaran dan dapat duit juga.

 

  1. Katering Sahur atau Berbuka

(Sumber: Promofastpay.com)

Di beberapa kota besar di Indonesia, sebagian orang nya malas untuk memasak makanan sahur ataupun berbuka puasa. Nah hal ini bisa jadi peluang kamu untuk membuka usaha katering dadakan yang selalu siap saat sahur dan berbuka puasa.

Jangan salah, usaha ini banyak peminatnya loh apalagi jika kamu bekerja sama dengan beberapa layanan antar seperti Go-jek dan Grab. Jadi kamu nggak perlu ribet untuk mengantarnya.

 

  1. Jasa Titip Oleh-oleh lebaran

Disaat beberapa orang mempersiapkan diri pulang kampung halaman (mudik) beberapa orang memiliki alasan sendiri untuk tetap tinggal di ibukota. Ada yang alasannya karena ingin menyelesaikan pekerjaan yang belum bisa ditinggalkan, ada pula yang menghemat dan pulang kampung halaman beberapa tahun sekali.

Untuk kamu yang mudik, hobi traveling, coba deh bikin usaha jasa titip oleh-oleh dadakan, pasti nggak sedikit orang yang bakal nitip oleh-oleh ke kamu. Bisa dapat duit juga kan !

 

  1. Jual Hijab, Baju Lebaran dan Perlengkapan Shalat

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang menggunakan hijab, perlengkapan, hingga busana muslim baru agar tampil lebih fresh. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan menjual perlengkapan muslim.

Selain modal yang besar, pastikan model busana dan perlengkapan yang Anda jual sedang tren di kalangan target pasar Anda sehingga keuntungan yang Anda peroleh tidak diragukan lagi.

 

  1. Sewa Mobil

Tidak semua membutuhkan mobil untuk mudik ke kampung halaman, ada juga beberapa orang yang memanfaatkan kendaraan umum untuk mudik. Nah, ini bisa jadi peluang Anda untuk membisniskan mobil Anda. Apabila Anda memiliki mobil yang tidak terpakai, Anda dapat menyewakanannya di hari lebaran dengan harga yang jauh lebih tinggi dari hari biasa.

 

  1. Jasa Tukar Uang Receh

Hari Raya Idul Fitri identik dengan membagi-bagikan uang ke keluarga ataupun anak-anak kecil yang berkunjung ke rumah. Biasanya, mereka menukarkan uang receh ke bank ataupun jasa tukar uang lainnya. Namun jangan salah,  menukarkan uang receh bisa jadi hal yang sulit karena apabila menukarkan di bank, kamu harus rela mengantri lama.

Peluang usaha di bulan Ramadhan seperti diatas nggak ada salahnya kamu coba lho. Selain bisa nambahin isi dompet, kamu juga jadi punya kegiatan seru di bulan Ramadhan. Apapun bisnis yang akan Anda mulai nanti jangan lupa gunakan software akuntansi online SISCOM ya. SISCOM adalah program akuntansi yang menjadi solusi untuk seluruh kebutuhan usaha Anda. Berminat ? Silahkan klik disini.