Kapankah saat yang tepat untuk Anda merekrut karyawan seorang akuntan ?Saat Anda mulai membangun bisnis baru atau merintis bisnis dari nol. Anda pastinya sebisa mungkin berusaha menghemat pengeluaran dengan mengerjakan semua hal sendiri.

Termasuk mengelola keuangan Anda. Namun, seiring dengan tumbuh dan berkembangnya usaha Anda, jumlah aliran keuangan juga bertambah baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Akibatnya akun-akun yang harus dicatat saat menyusun jurnal atau laporan akuntansi pun semakin banyak.

Jadi, kapankah saat yang tepat untuk Anda merekrut karyawan seorang akuntan ? Berikut penejelasannya.

  1. Perusahaan Berkembang

Semakin besar bisnis Anda, semakin banyak juga jumlah klien atau partner bisnis yang Anda miliki. Maka, jumlah transaksi yang terjadi juga semakin banyak. Bayangkanlah semua hal tersebut Anda jalankan seorang diri, tentu saja akan membuang-buang waktu Anda sebagai seorang pebisnis.

 

Oleh karena itu, merekrut seorang akuntan akan sangat membantu proses bisnis Anda dan juga dapat menghemat banyak waktu Anda sehingga Anda bisa fokus melakukan kegiatan lainnya seperti melakukan perluasan networking dan riset pasar lainnya.

 

  1. Berhubungan dengan pemerintah

Jika bisnis yang Anda jalankan sangat berkaitan dengan pemerintah, Anda tentu sangat kerepotan untuk menyiapkan seluruh berkas-berkas kelengkapannya. Hal itu yang membuat sebagian besar pelaku usaha baru untuk merekrut seorang akuntan ketika melakukan pembayaran pajak pertama.

 

Namun Jangan salah, akuntan juga dapat melakukan hal lain selain membayar pajak, misalnya melengkapi berbagai dokumen legal perusahaan, menjaga perusahaan tetap up-to-date mengenai kebijakan pemerintah, status perusahaan dalam database pemerintah, memastikan data keuangan karyawan dan perusahaan tercatat dengan benar hingga membuat laporan keuangan perusahaan.

 

  1. Percaya kepada orang lain

Ketika Anda sukses mengerjakan semua hal sendiri, itu akan membuat kepuasan bagi Anda. Namun jangan sampai membuat Anda menjadi stress atau overworked. Cobalah pertimbangkan untuk mempercayakan beberapa orang lain untuk mengerjakan beberapa pekerjaan Anda seperti akunting, HR dan lain sebagainya.

 

Mempercayakan pengelolaan keuangan pada akuntan merupakan langkah awal yang baik. Begitu menyerahkan finansial perusahaan pada akuntan, Anda dapat fokus pada pekerjaan lain yang lebih penting.

 

  1. Perusahaan Hendak diaudit

Proses perekrutan yang Anda lakukan harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti pengalaman dan masa kerja. Akuntan yang berpengalaman akan membantu Anda keluar dari masalah Anda begitupun ketika perusahaan Anda hendak diaudit.

 

Akuntan tentu akan memberi masukan tentang cara bekerja selama proses audit berlangsung dan membantu memastikan bahwa Anda tidak melanggar peraturan pajak apapun.

 

  1. Pengajuan Pinjaman Dana

Dalam sebuah bisnis, sangat wajar untuk meminta bantuan dana ke bank. Dalam proses pengajuan tersebut, tentu pihak bank ingin tahu apakah mereka akan mendapatkan kembali dana yang dipinjamkan. Mereka akan melakukan analisis mendalam mengenai pinjaman tersebut.

 

Melalui data akuntansi, pihak bank dapat menilai apakah perusahaan tersebut mampu melunasi pinjaman dan mendapatkan dana pinjaman tersebut.

 

  1. Memiliki Business Planning

Seorang akuntan akan membantu Anda untuk melihat semua pencatatan akuntansi sebelumnya dan membuat rencana bisnis dengan Anda untuk selanjutnya. Dengan begitu, perusahaan Anda akan terlihat lebih professional karena memiliki rencana bisnis yang jelas.

 

Intinya, seorang akuntan mampu membantu kebutuhan Anda dalam mengikuti berbagai perkembangan perusahaan. Apalagi dengan adanya bantuan software akuntansi SISCOM ONLINE, perusahaan Anda akan berjalan dengan efektif dan efisien. SISCOM ONLINE berbasis cloud sangat cocok digunakan untuk semua bisnis misalnya Toko Handphone, Bisnis Catering, Bisnis Sembako, Bisnis Laundry dan lain sebagainya