Hal yang harus Anda perhatikan dalam membangun dan mengelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Anda beberapa diantaranya adalah keseriusan dan keberanian dalam mengambil resiko. Anda sangat butuh strategi untuk mencapai kesuksesan dan juga mengembangkan UMKM juga bukan perkara yang mudah.

Oleh karenanya, sebagai pelaku UMKM, Anda harus memiliki mental pebisnis yang mampu mengambil langkah tepat. Berikut diantaranya.

1.Membuka usaha di lokasi yang strategis

Jika ingin usaha mikro Anda berkembang dan sukses, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka usaha Anda di lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi yang baik juga menentukan dapat berkembang atau tidaknya usaha Anda kedepannya.

Lokasi yang baik memiliki potensi penjualan tinggi dan juga dapat menghasilkan laba yang besar. Anda bisa melakukannya dengan cara survey dan observasi langsung berbagai lokasi yang dijadikan target pasar.

Anda dapat memulainya dengan mencari tahu lokasi apa yang Anda tuju tersebut membutuhkan produk yang akan Anda jual nanti. Anda juga bisa berdiskusi dengan penduduk sekitar mengenai kebutuhan mereka. Selain itu ada baiknya Anda mencatat kemungkinan pembeli yang akan membeli produk Anda jika Anda memilih lokasi tersebut. Perhitungan yang baik akan menghasilkan kesuksesan.

2.Kembangkan bisnis dengan teknologi

Sebagai pelaku usaha, Anda harus benar-benar jeli melihat peluang pasar termasuk memanfaatkan secara maksimal teknologi.

Jika ingin menjadi produk terbaik, Anda harus menjadi yang terdepan dalam berbagai hal termasuk tren dan lainnya. Misalnya foto, artikel produk dan teknologi untuk bisnis. Karena era sekarang menurut pelaku usaha bersaing dengan tepat dan cepat, maka Anda harus melakukan semuanya dengan terstruktur.

Hal dasar yang harus Anda lakukan sebelum memanfaatkan berbagai teknologi yang tersedia adalah dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik agar siapapun karyawan Anda nanti akan melakukan hal yang sistematis dan terstruktur.

3.Manfaatkan media sosial

Jika Anda ingin memasarkan produk Anda dengan budget minim, Anda juga dapat menggunakan media sosial dengan baik dengan waktu yang tepat. Penjadwalan postingan perlu Anda lakukan sehingga bisnis Anda akan berjalan dengan lancar tanpa Anda harus terganggu mengelola akun media sosial.

Gunakan media sosial mainstream seperti Facebook, Line, Instagram hingga Whatsapp  untuk memasarkan produk Anda. Pemasaran melalui digital cenderung menjaring lebih banyak pelanggan dan menjadi cara yang paling efektif.

4.Pasarkan produk Anda melalui marketplace

Beberapa situs marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya akan membantu Anda memasarkan produk Anda dengan cepat. Hal ini akan memperluas area target produk yang Anda jual selain itu sistem marketplace akan mempermudah Anda dalam melakukan penjualan.

5.Ikut Pameran dan Festival

Faktor penyebab sulitnya UMKM berkembang salah satunya adalah karena produknya belum diketahui banyak orang. Product awareness adalah hal yang sulit dilakukan dalam membangun sebuah bisnis apabila Anda tidak melakukan promosi secara konsisten. Berbeda dengan perusahaan besar yang sudah memiliki product awareness karena mereka selalu konsisten beriklan.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan product awareness adalah dengan mengikuti berbagai pameran produk atau festival sehingga orang akan lebih aware terhadap eksistensi produk Anda.

Selain itu, gunakan software akuntansi terbaik yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis karena proses akuntansi Anda akan lebih sistematis dan cepat serta akurat informasinya. SISCOM ONLINE adalah software akuntansi berbasis cloud yang sangat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan mulai dari mengecek stok persediaan barang hingga laporan keuangan. Software SISCOM sebagai software penjualan toko yang mengintegrasikan transaksi keuangan, stok hingga laporan keuangan.

Info lebih lanjut silahkan klik di sini.