Point-Of-Sales SISCOM ONLINE

Seluruh bisnis memiliki tantangan masing-masing. Bagi Anda yang mengelola bisnis kuliner seperti rumah makan, restoran, cafe dna lain sebagainya, biasanya memiliki banyak hambatan seperti terlalu banyaknya waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan laporan penjualan, mengecek stok persediaan dan pencatatan transaksi tersebut.

Semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk melakukan hal-hal tersebut membuat Anda tidak fokus dalam mengembangkan bisnis kuliner yang Anda miliki. Oleh karena itu, sistem Point of Sales (POS) dapat membantu Anda untuk mengelola bisnis kuliner Anda dengan lebih efisien.

Sistem POS juga membantu Anda mempermudah melakukan berbagai hal mulai dari mencatat seluruh transaksi, historis pelanggan dan hal lain yang bersifat administratif, sehingga Anda dapat memiliki waktu lebih untuk melakukan hal lain yang bersifat teknik atau strategis.

Apa itu Point Of Sales ?

Point Of Sales adalah software kasir yang memungkinkan seluruh perangkatnya terhubung dan terintegrasi dengan baik. Begitupun dengan seluruh data didalam software tersebut.  Point of sales juga berarti memiliki arti pusat atau titik penjualan yaitu dimana transaksi pembayaran dan penjualan antara Anda dan konsumen terjadi.

Jadi, POS tidak hanya software namun menyediakan perangkat mesin kasir yang berguna untuk menghitung total harga barang atau makanan yang dibeli oleh pelanggan dan memilih tipe pembayaran. dalam cara apa.

Apa perbedaan POS dan Mesin Kasir Biasa ?

Perbedaannya adalah software POS tidak berfungsi seperti mesin kasir pada umumnya. Karena software POS memiliki fitur lebih lengkap seperti mengontrol stok persediaan barang, retur barang, keamanan transaksi, laporan penjualan dan masih banyak lagi.

 

POS terdiri dari apa saja ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, software POS umumnya terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang saling terkait dan bekerja sama dalam seluruh prosesnya.

 

Software POS

Software inilah pusat utama di balik berjalannya mesin kasir bersistem Point Of Sales. Software POS ini dapatr diakses melalui tablet ataupun PC dan Laptop sehingga dapat Anda pantau kapan pun dan dimanapun.

di Indonesia, beberapa penyedia layanan aplikasi POS adalah SISCOM Online, Moka POS, Pawoon dan lain sebagainya.

Semua software diatas memiliki fitur berbeda-beda, namun berikut adalah beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan yang harus ada dalam software adalah :

  1. Pembelian barang

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kapan waktu persediaan barang Anda habis. SISCOM Online salah satu software POS juga dilengkapi dengan sistem akunting sehingga memungkinkan Anda mendapatkan laporan perhitungan jumlah barang atau bahan baku yang stoknya habis dan harus segera di beli.

  1. Stok barang

Sistem ini memudahkan Anda untuk memastikan supply barang agar bahan baku selalu mencukupi permintaan pelanggan.

  1. Laporan Penjualan

Software POS ini memungkinkan Anda mendapatkan laporan penjualan dan kebiasaan pelanggan. Misalnya pesanan menu pelanggan B selalu sama dan pesanan menu pelanggan A selalu berbeda.

  1. Keamanan transaksi

Pada umumnya, sistem POS dilengkapi dengan fitur pengaturan akses, jadi Anda dapat mengecek dan mengontrol data dan fitur mana saja yang bisa diakses oleh staff.

  1. Strategi Promosi

Sistem POS juga memungkinkan Anda memberikan loyalty untuk para pelanggan setia Anda. Tidak perlu mencetak kartu member dan lain sebagainya, cukup minta pelanggan berikan nomor handphone.

 

Apa keunggulan POS ?

Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapat jika menggunakan software POS untuk bisnis kuliner Anda.

  1. Mempercepat proses transaksi. Secara langsung hal ini akan meingkatkan layanan dan kenyamanan pelanggan Anda sehingga kemungkinan mereka kembali berkunjung lebih besar.
  2. Data setiap transkasi tercatat secara detail dan rapi. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjumlahkan penjualan selama periode tertentu.
  3. Memantau laporan secara online dan real-time.
  4. Dapat mengontrol persediaan bahan sehingga dapat mengambil keputusan apabila persediaan bahan menipis.
  5. menyimpan rekaman data penjualan.

 

Agar lebih maksimal, gunakan software akuntansi SISCOM ONLINE untuk memonitor keuangan perusahaan Anda sehingga seluruh data terus ter-update realtime dan Anda dapat mengambil keputusan bijak dalam berbisnis. Info lengkap, klik di sini.