Pengertian Akuntansi Biaya dan Kelebihannya

Akuntansi biaya adalah salah satu dari berbagai jenis bidang akuntansi yang terdiri dari beberapa bagian proses, pelacakan, pencatatan dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi guna menghasilkan produk barang maupun jasa.

Biaya ini didefinisikan sebagai suatu waktu dan juga suatu sumberdaya yang dibutuhkan dalam mengkonversi diukur dengan satuan mata uang yang dapat ditukar.

Menurut Schaum, seorang ahli akuntansi, akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil dari pengukuran biaya dan pembuatan barang ataupun jasa.

Akuntansi biaya berfungsi melakukan akumulasi biaya untuk penilaian stok barang juga hasil pendapatannya.

 

Objek Biaya di Akuntansi Biaya

Tujuan biaya dalam akuntansi biaya merupakan suatu aktivitas yang biayanya dihitung dan diukur seperti:

  1. Produk atau proses
  2. Batch dari suatu unit sejenis atau department
  3. Pesanan pelanggan
  4. Kontrak proyek
  5. Lini produk

 

Pendekatan Akuntansi Biaya

Ada beberapa macam pendekatan akuntansi biaya dimana biasanya digunakan oleh pangguna atau akuntansi biaya. Pendekatan biaya tersebut adalah biaya standar (standard costing), biaya berdasarkan kegiatan (activity based costing) dan juga biaya hasil.

 

Fungsi Akuntansi Biaya

Salah satu cabang bidang akuntansi yang menjadi alat bagi sebuah manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyediakan informasi biaya yang diperlukan oleh manajemen dalam rangka mengelola perusahaannya baik itu perencanaan, pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa serta pengambilan keputusan oleh manajemen.