Peran Akuntansi Dalam Berbagai Sektor Usaha

Pemilik (Owner), manager, investor adalah beberapa pemangku kepentingan (stakeholders) dalam bisnis mereka yang berkomunikasi salah satunya melalui akuntansi sekaligus mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan.

Karena tujuan akuntansi adalah membantu para stakeholders yang akan membuat keputusan bisnis lebih baik dengan menyediakan informasi keuangan yang tepat dan akurat.

Informasi akuntansi juga memastikan bahwa pemangku kepentingan memahami makna dari informasi keuangan dan mereka bekerja sama baik dengan individu dan organisasi untuk membantu mereka menggunakan informasi keuangan untuk menangani masalah yang terjadi.

Mengumpulkan dan mencatat seluruh angka adalah bagian yang mudah namun lebih mudah lagi jika Anda menggunakan software akuntansi seperti SISCOM ONLINE. Dengan software akuntansi, seluruh informasi akuntansi Anda akan tersedia dengan jelas dan efektif. Software akuntansi juga membantu Anda meringkas kegiatan usaha dan menafsirkan berbagai informasi keuangan.

Akuntansi manajemen sangat membantu Anda dalam mempertahankan bisnis Anda dengan memberikan informasi kepada indiviudu dan kelompok, baik didalam dan diluar organisasi untuk membantu mereka menilai kinerja keuangannya.

Laporan akuntansi disesuaikan dengan kebutuhan para manajer individu dengan tujuan dari laporan tersebut adalah untuk mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan (relevan), akurat, tepat waktu dalam format yang akan membantu manajer dalam membuat keputusan.

Dalam mempersiapkan, menganalisis dan mengkomunikasikan informasi tersebut, akuntan bekerja sama dengan seluruh individu dari semua bidang fungsional.

 

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan berperan untuk mempersiapkan laporan termasuk keuangan organisasi laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik neraca dan laporan arus-yang cash dan meringkas kinerja masa lalu perusahaan dan mengevaluasi kondisi keuangan saat ini.

Dalam menyusun laporan keuangan, akuntan keuangan mematuhi seperangkat aturan yang disebut prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang disebut Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB).

Pengguna ingin memastikan bahwa laporan keuangan disusun sesuai dengan prinsip GAAP karena dengan aturan dan informasi yang sama, mereka dapat membandingkan laporan yang diterbitkan oleh satu perusahaan dengan perusahaan lain di industri yang sama.

 

Akuntansi Keuangan dan Manajemen merangkum perbedaan utama antara pengguna dari manajemen dan akuntansi keuangan dan jenis informasi yang dikeluarkan oleh akuntan dalam dua wilayah.