Ragam-Jenis-Buku-Besar-Akuntansi-dan-ContohnyaBuku besar akuntansi adalah buku akuntansi yang memfasilitasi transfer semua entri jurnal dalam urutan kronologis ke rekening masing-masing.Pada dasarnya kegiatan dalam proses akuntansi adalah mencatat dan pelaporan keuangan. Pelaporan dan pencatatan ini bisa dimanfaatkan secara sendiri dalam skala kecil ataupun skala besar.

Salah satu hal yang penting adalah buku besar. Yang dimaksud buku besar bukan berarti buku berukuran besar. Tetapi ini adalah suatu istilah yang digunakan untuk entri final dalam akuntansi atau sering disebut juga sebagai ledger.

Sebuah buku besar didapatkan dari hasil proses posting melalui jurnal akuntansi. Jika transaksi perusahaan sangat banyak, perusahaan dapat membagi buku besar menjadi beberapa macam yaitu buku besar umum, buku besar debitur dan buku besar kreditur.

 

Buku Besar Umum (General Ledger)

Buku besar jenis ini mengumpulkan informasi dari berbagai jurnal. Setiap bulan semua jurnal yang dihitung dan diposting ke General Ledger adalah untuk mengatur dan meringkas transaksi individu yang tercantum dalam semua jurnal.

 

Buku Besar Debitur (Debtors Ledger)

Tidak sama dengan buku besar umum, debtors ledger ini hanya mengumpulkan informasi dari jurnal penjualan saja. Buku besar debiur bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pelanggan mana yang berhutang dalam bisnis dan berapa banyak jumlahnya.

 

Buku Besar Kreditor (Creditors Ledger)

Creditors ledger hampir sama dengan debtors ledger yang berfungsi mengumpulkan informasi satu jurnal yaitu jurnal pembelian. Nah, tujuan dari creditors ledger adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pada pemasok mana kita berhutang uang dan berapa banyak jumlahnya.

Selain ketiga macam diatas, buku besar juga dapat dibedakan menjadi empat tipe berdasarkan cara pembuatannya yaitu buku besar berbentuk T (sederhana), bentuk skontro, bentuk staffle dan bentuk staffle berkolom rangkap (ganda).

 

Contoh-Buku-Besar-Akuntansi-gambar

Contoh Buku Besar Akuntansi – accountingverse.com

Sekarang, Anda tidak perlu susah untuk membuat buku besar karena didalam software akuntansi SISCOM ONLINE. Software akuntansi yang berbasis cloud, membuat data Anda aman. Dengan menggunakan software akuntansi SISCOM ONLINE, Anda dapat mengontrol keuangan bisnis Anda darimana saja dan kapan saja.