Internet-Marketing

Arus komunikasi saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan internet. Perkembangan internet  yang begitu pesat mampu membawa banyak keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan. Sebagian besar orang bergantung pada kemajuan teknologi yang saat ini sangat memudahkan, bahkan sekarang ini orang sudah mulai beralih berbelanja di pusat perbelanjaan ke toko online.

Internet marketing atau biasa dikenal dengan pemasaran internet adalah pemasaran produk dan jasa melalui internet. Internet marketing ini adalah ilmu yang harus dikuasai oleh para wirausahawan yang akan menggeluti usaha dagang.

Untuk menjadi internet handal memang tidak mudah, dibutuhkan pembelajaran yang cukup banyak. Bisa melalui pengalaman ataupun buku dan browsing di internet. Untuk menjadi seorang pemasar pemula,hal-hal yang menjadi masalah adalah sebagai berikut:

  1. Bingung menentukan produk
  2. Tidak tahu cara riset persaingan
  3. Tidak mengerti dimana harus promosi
  4. Teknik menguasai teknik promosi yang tepat

berikut hal-hal yang harus dilakukan agar Anda dapat mudah mempelajari internet marketing.

1. Riset Produk

Riset produk adalah hal utama yang harus dilakukan oleh seorang internet marketing. Yang dibicarakan dalam bisnis online adalah keinginan pasar bukan keinginan pribadi sehingga Anda akan menjual produk yang diinginkan orang banyak dan sedang menjadi tren dan dibutuhkan banyak orang, maka besar kemungkinan Anda akan mendapat keuntungan yang besar.

Untuk cara cari riset produk, cara yang paling mudah adalah melihat di marketplace besar di Indonesia mana saja produk yang menjadi best sellernya.

  1. Buka Google Trends, login dengan akun email yang terdaftar.
  2. Masuk “Kotak Pencarian”, cobalah masukkan kata kunci produk. Anda ingin berjualan kata kunci produk. Misalnya “Software Akuntansi” dan tekan enter.
  3. Setelah selesai Anda akan melihat grafik dari hasil kata kunci “Software Akuntansi
  4. Jika grafik yang Anda temukan tersebut stabil, berarti produk tersebut setiap bulannya stabil, namun jika grafiknya menunjukkan kondisi menurun, gantilah produk yang lain dan sangat berpotensi untuk dijual.

 

2. Riset Persaingan

Langkah setelahnya adalah melakukan riset persaingan yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran terhadap lawan bisnis, sehingga paling tidak Anda dapat mengimbanginya  dan juga memenangkan persaingan bisnis. Cara termudah melakukan melakukan riset persaingan bisnis adalah dengan melihat produk yang ajan Anda jual di beberapa marketplace.

Anda dapat menentukan harga lebih rendah dari harga yang berada di pasaran atau biasa disebut dengan leader pricing. Harga lebih rendah dari dari pasaran adalah strategi yang jitu untuk menarik konsumen berpindah ke produk yang Anda jual. Cara diatas dapat meningkatkan omset penjualan sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan semakin besar.

3.  Marketing

Seorang marketer amemiliki banyak strategi marketing yang dapat dipilih berikut penjelasannya:

a. Sosial Media Marketing

Social-Media-Marketing

Pemasaran salah satunya menjadi hal yang sangat penting dalam penjualan produk. Apalagi melalui media sosial, maka pemasaran Anda akan lebih luas.

Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak di dunia saat ini. Jadi, Facebook merupakan tempat pemasaran paling baik karena diantara media sosial lain, Facebook adalah media sosial paling cepat berpengaruh.

Anda dapat membuat akun Facebook Fans Page yang dapat meningkatkan brand awareness perusahaan terhadap bisnis. Di Facebook jug aterdapat pilihan untuk beriklan sesuai target market produk yang Anda jual yaitu dengan Facebook Ads dan Boost Post .

b. YouTube Marketing

Youtube-Marketing

YouTube adalah situs berbagi video paling banyak dikunjungi saat ini yang didukung dengan kemudahan akses dan tersedia paket internet murah sehingga sebagian besar orang menjadikan youtube sebagai salah satu halaman yang wajib dikunjungi setiap hari.

Jika ingin melakukan youtube marketing, Anda harus membuat channel berisi video ulasan produk Anda, Setelah itu selesai upload ke YouTube.

 c. Website Marketing

Website-MarketingSitus website adalah media paling mudah diakses apabila dibuka melalui browser. Selain itu, website juga media paling efektif untuk menjalankan strategi pemasaran secara online. Dengan adanya website, konsumen dapat melihat seluruh produk yang ada dank kualitasnya apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

d. SEO

SEOTeknik marketing SEO adalah cara agar website Anda selalu menempati posisi teratas dalam halaman pencarian di internet, sehingga pengunjung yang datang lebih banyak. Langkah-langkah SEO dalam melakukan pekerjaannya adalah riset keyword, on page dan off page optimization.

e. Content Marketing

Content-Marketing

Anda tidak perlu menjual secara langsung di internet mengenai produk  Anda karena hal itu kurang disukai oleh pengguna media sosial maupun internet. Gunakan strategi yaitu dengan menggunakan content marketing. Content marketing adalah membuat isi saluran pemasaran bisnis Anda, baik melalui internet maupun media sosial dengan konten artikel, video, audio dan presesntasi.

Strategi marketing yang baik akan meminimalisir pengeluaran uang bisnis Anda, sehingga Anda juga harus mulai dengan melakukan pengelolaan yang baik.  SISCOM ONLINE adalah software akuntansi online berbasis cloud yang memudahkan Anda dalam mengelola masalah keuangan bisnis Anda.

Dengan menggunakan SISCOM ONLINE Anda dapat melakukan pencatatan seluruh transaksi bisnis, pengecekan, penyimpanan data keuangan hingga retur penjualan dan retur pembelian.  Info lengkap klik di sini.