Perkembangan teknologi saat ini membuat jarak terasa lebih dekat dan waktu terasa lebih pendek. Tren bisnis yang tumbuh belakangan ini karena dampak perkembangan teknologi salah satunya adalah bisnis di bidang jasa.

Bisnis di bidang jasa juga bisa dikatakan paling minim risiko karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya produksi ataupun menyiapkan peralatannya. Yang akan Anda jadikan modal adalah keahlian dan keterampilan.

Berikut adalah beberapa tantangan yang harus Anda hadapi saat berencana memulai usaha di bidang jasa.

  1. Layanan Sales Service dan After Sales Service Terbaik pada pelanggan.

Saat menjalankan usaha bidang jasa, bisa dibilang customer service merupakan hal paling penting selain produk jasa itu sendiri. Jika ada orang yang bertanya di akun media sosial Anda, usahakan untuk berikan jawaban secepatnya dan juga dengarkan baik-baikĀ  jika ada customer yang komplain dan selesaikan dengan cepat serta jadikan hal itu sebagai bahan pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

  1. Strategi pemasaran

Jika dibandingkan dengan usaha lain, misalnya yang memproduksi barang dan jelas, proses marketing di bidang jasa terasa lebih menantang karena Anda tidak memiliki produk fisik untuk di promosikan.

Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan di zaman sekarang. Contohnya dengan membuat website yang berisi konten produk dan jasa terkait.

  1. Catatan Laporan Keuangan

Hampir semua pengusaha memiliki ide brilian, tapi tidak menguasai bidang keuangan dengan baik. Di kemudian hari, hal ini bisa menimbulkan kekacauan internal.

Hal yang harus diperhatikan kedepannya adalah bagaimana cara Anda membuat invoice kepada customer juga memastikannya tercatat atau tidak dalam sistem.

Jika bisnis bidang jasa Anda dimulai dengan sedikit staf, namun permintaan kian naik, maka pencatatan laporan Anda harus diperhatikan.

Untuk memudahkan proses ini Anda sebaiknya menggunakan bantuan teknologi berupa software toko yang akan memudahkan segala proses pencatatan transaksi penjualan maupun kontrol persediaan barang Anda.

  1. Pengurusan Pajak

Dalam memulai usaha bidang jasa, Anda pasti tidak ingin menghabiskan banyak waktu dengan menyusun sistem administrasi, mencakup pencatatan keuangan hingga pajak.

Untuk Anda yang baru saja terjun di bidang usaha Jasa, Anda dapat menggunakan program akuntansi SISCOM ONLINE yang telah dipercaya lebih dari 24 tahun dan di percaya ribuan perusahaan bisnis di Indonesia.

SISCOM memiliki beberapa fitur yang memudahkan Anda dalam mencaat transaksi keuangan dan memantau kondisi finansial perusahaan Anda.