SISCOM Accounting Software

Pengetahuan  dalam mengatur keuangan adalah hal yang penting dan dibutuhkan oleh semua orang. Karena pada dasarnya semua orang yang hidup di dunia membutuhkan pengetahuan untuk mengatur keuangannya secara personal, keluarga maupun usaha yang dijalankan.

Menurut pakar keuangan Ray Linder, menemukan bahwa dari segi finansial setidaknya terdapat 16 profil kepribadian. Dari 16 profil ini diklasifikasikan lagi menjadi 4 kelompok, yang masing-masing mencirikan tentang bagaimana cara orang tersebut dalam mengatur finansialnya.

1. Tipe Perencana (Planner)

Membuat Rencana Keuangan Kelompok dengan kepribadian perencana sangat dikenal cermat. Karena kecermatan inilah orang yang masuk kepribadian ini dianggap sangat pas dalam mengelola investasi jangka panjang.  Secara pribadi, orang tipe perencana juga mampu mengatur keuangan pribadinya sehingga kebutuhan di masa yang akan datang dapat tercukupi.

Dari sisi investasi, mereka akan sangat teliti dan disiplin dalam memantau perkembangan terkini dan segala hal yang menyangkut investasi mereka.

Tapi untuk tipe perencana seperti ini biasanya tidak terlalu ahli dalam memperhitungkan investasi jangka pendek. Hal ini karena secara ilmiah, mereka hanya berpikir untuk jangka panjang.

2. Tipe Pelindung (Protector)

Sangat berhati-hati terhadap keuanganKelompok dengan kepribadian pelindung seperti ini memang sangat berhati-hati dan benar-benar melindungi uang yang dimilikinya. Untuk urusan masa depan dan pekerjaan hingga pensiun, sudah mereka pikirkan.

Kepribadian seperti ini sekilas sangat sempurna karena tidak akan pernah membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu penting menurutnya seperti merek terbaru dan lain sebagainya.

Namun kekurangan kepribadian ini adalah dirinya merupakan orang yang sangat datar dalam menjalani hidup, Namun saking hati-hatinya ia tidak akan terpengaruh dengan investasi yang bisa jadi menguntungkan.

3. Tipe Penggembira (Pleaser)

Kepribadian PenggembiraOrang dengan tipe penggembira adalah individu yang sangat royal dalam membelanjakan uangnya ataupun sering mentraktir teman-temannya, sehingga pakar keuangan menggolongkan tipe kepribadian ini menjadi dua lagi yaitu pertama mereka yang membelanjakan uangnya untuk orang lain sedangkan yang kedua mereka cenderung membelanjakan uangnya untuk diri sendiri.

 

4. Tipe Pemain (Players)

Kepribadian Pemain

Ray Linder, Pakar Keuangan, menggunakan istilah kompulsif dimana orang dengan tipe ini cenderung berlaku konsumtif dan menghabiskan uang tidak peduli apakah keputusannya beresiko atau tidak.

Semua tipe kepribadian memiliki sisi positif dan negatif yang harus disyukuri. Namun pemilik kepribadian mesti memahami kelebihan dan kekurangan tersebut agar dapat mengelola keuangannya dengan baik. Yang pasti, prioritaskan kebutuhan bersifat penting dan darurat sebelum memenuhi kebutuhan lainnya.

Untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda, serahkan saja kepada SISCOM ONLINE. SISCOM adalah software akuntansi berbasis cloud yang memungkinkan Anda mengakses berbagai data keuangan perusahaan darimana saja dan kapan saja. Siscom juga menyediakan software berupa program POS yang khusus untuk membantu proses transaksi penjualan Anda.