Tips dan Trik Jitu Belajar Akuntansi Secara Cepat

Tidak semua orang menyukai pelajaran yang memakai cara berhitung di sekolah, seperti pelajaran matematika. Matematika hampir sama dengan pelajaran akuntansi, berkaitan dengan hitung-menghitung.

Orang yang tidak menyukai akuntansi tidak paham, karena didalam akuntansi, banyak terdapat angka penting yang dituntut ketelitian saat mengrjakannya. Jika ada bagian yang keliru, maka semua akan salah.

Oleh karena itu, dalam mempelajari ilmu akuntansi, Anda harus belajar menggunakan cara yang tepat agar mudah dipahami. Berikut triknya.

 

  1. Pahami Dasar-dasar Akuntansi

Sebelum mengenal lebih jauh tentang akuntansi, hal yang paling penting adalah dengan mengetahui lebih dulu apa saja isi dalam akuntansi sehingga Anda mudah untuk mengenalnya.

Caranya adalah pahami dulu beragam istilah yang sering digunakan dalam akuntansi. Dengan mengetahu istilah tersebut, Anda dapat lebih mudah memahaminya.

  1. Mulai Dari Yang Paling Dasar

Saat Anda belajar akuntansi, Anda akan menemukan banyak sekali persamaan yang digunakan dan diberi label serta nomor berbeda-beda tergantung akun yang akan dimasukkan. Jika Anda belum terbiasa untuk melakukan hal tersebut, Anda akan merasa pusing dan bingung. Untuk itu, mulailah dari rumus dasar akuntansi yaitu debet dan kredit karena selalu digunakan dalam akuntansi.

Dalam debet dan kredit, terdapat akun harta, hutang, modal, pendapatan dan beban. Nomor dan label berfungsi agar akun tidak tertukar dan mempermudah Anda untuk mengingat. Akun-akun tersebut juga terbagi lagi menjadi beberapa bagian, misalnya harta terbagi menjadi piutang dan kas, termasuk harta lancar.

  1. Learning By Doing

Saat berencana belajar akuntansi, Anda juga harus aktif untuk belajar, dimana Anda harus aktif mencari informasi akuntansi dimanapun. Bisa melalui buku ataupun internet. Jangan hanya mendengar apa yang dikatakan dosen ataupun ahli akuntan.

Jika Anda hanya sebagai pendengar, ilmu yang Anda dapatkan kurang luas. Maka diharapkan dengan mencari berbagai literature sebagai tambahan, Anda akan menjadi mandiri dan dapat menjawab seluruh permasalahan mengenai ilmu akuntansi dengan cara sendiri.

  1. Perbanyak Latihan

Dengan berlatih, akuntansi akan semakin mudah. Pilihlah berbagai soal sederhana yang membuat Anda lebih memahami akuntansi. Dengan begitu persoalan Anda akan selesai dan Anda akan terbiasa menghadapi berbagai persoalan akuntansi.

 

Jika Anda ingin membangun usaha namun masih belum paham banyak tentang akuntansi, gunakan software akuntansi SISCOM ONLINE. Software SISCOM adalah software akuntansi berbasis cloud yang akan membantu Anda dalam pembuckuan keuangan perusahaan Anda. Software ini dapat membantu mengecek kontrol persediaan produk Anda, menghitung laba rugi, tracking IMEI (toko handphone), mengecek tanggal kadaluarsa obat (apotek) bahkan membantu Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan.