Dalam berbisnis, menerima pesanan dari para pelanggan baru bagi pengusaha tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sama seperti kepribadian seseorang yang beragam, perilaku konsumen dalam membeli dan membayar pun seperti itu.

Ada beberapa konsumen yang hampir selalu membayar tagihan atau invoice dengan telat. Itu memberikan dampak buruk bagi arus kas atau cash flow perusahaan.

Berikut beberapa cara agar pelanggan tidak telat membayar invoice sehingga tidak membahayakan arus kas perusahaan Anda.

1. Tawarkan diskon untuk pembayaran lebih awal

Hampir seluruh pembeli pasti tertarik dengan yang namanya diskon. Diskon adalah cara terbaik untuk menarik minat pembeli. Anda bisa memberikan diskon bagi setiap pelanggan yang telah melakukan pembayaran lebih awal dari jadwal jatuh temponya.

Besaran diskon yang bisa Anda lakukan bervariasi namun harus tetap berhati-hati, besaran diskon biasanya sekitar 2 hingga 5 persen saja.

2. Buatlah jadwal pembayaran

Ketika Anda mendapatkan pesanan lebih banyak ataupun dengan nilai yang tinggi, sebaiknya pelanggan tidak membayar sekaligus pesanannya tersebut diakhir waktu saat pesanan telah dipenuhi atau selesai dibuat.

Buat jadwal pembayaran yang disepakati kedua belah pihak sehingga tertera secara jelas kapan pelanggan bisa membayar.

3. Kirim invoice jauh sebelum jatuh tempo

Jika Anda ingin memperbaiki arus kas, pastikan mengirimkan invoice tersebut jauh hari, Tujuan agar pelanggan menyediakan dananya dan tidak terlambat lagi dalam melakukan pembayaran.

Bila terlambat, usahakan untuk tetap membicarakan hal tersebut secara baik-baik dan tetap mengirimkan tagihan dengan sopan.

4. Pilih cara pembayaran yang mudah dan menguntungkan

Saat Anda memilih metode pembayaran, usahakan cara pembayaran tersebut mudah Anda terima. Semakin mudah, maka semakin cepat Anda mendapatkan uang tersebut.

Misalnya pembayaran melalui bank memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kedua belah pihak, selain itu pembayaran tersebut dikirim ke rekening. Berbeda dengan pembayaran yang ditarik melalui suatu layanan dan menimbulkan berbagai tambahan biaya seperti biaya transaksi dan lain sebagainya.

5. Tunjukkan rasa bersahabat dan terima kasih

Ucapan terima kasih memang banyak disepeleka. Namun hal sederhana ini membuat pelanggan bahagia. Buatlah ucapan terima kasih secara personal dan berikan bingkisan kecil apabila memungkinkan. Ini bisa saja membuat pelanggan Anda menjadi pelanggan setia.

Perilaku telat membayar invoice ini dapat sangat merugikan bisnis Anda. Oleh karena itu penulisan invoice ini juga berpengaruh terhadap ketepatan waktu pembayaran dari pelanggan. SISCOM ONLINE , software akuntansi berbasis cloud sudah menyediakan template invoice yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis Anda.