Tips Akunting UKM

Tips Akunting UKM

SISCOM ONLINE memiliki beberapa orang yang bergelut di dunia akuntansi dan menangani klient dengan mulai dai UKM hingga Enterprise, kami akhir memutuskan untuk melakukan interview dan memberikan kami beberapa tips akuntansi untuk usaha kecil yang baru dimulai. Mari kita simak  Tips Simple Akuntansi Untuk Bisnis Kecil tersebut.

Akunting Tips

  1. Keep it Simple : Pastikan formulir atau format yang digunakan sifatnya simple atau sederhana, mudah dimengerti dan digunakan oleh owner ataupun oleh pegawai sehingga mempercepat proses bisnis anda.
  2. Keep Update : Pastikan anda atau karyawan anda aktif untuk mengupdate transaksi keluar masuk barang atau uang. Jangan menunda untuk melakukan update karena akan berakibat fatal dan membuang banyak waktu untuk melakukan pengecekan selisih.
  3. Keep Documentation : Pastikan menyimpan semua dokumentasi atau bukti transaksi yang ada, terutama faktur penjualand an pembelian. Hal ini berguna untuk melakukan audit maupun berguna untuk melakukan pelaporan pajak.
  4. Keep Checking : Pastikan anda melakukan review untuk melihat hal apa yang bisa di hemat atau ditingkatkan untuk menambah pemasukan. Misal rajin followup klient untuk penagihan, penggunaan outsourching untuk kegiatan tertentu, kurangi biaya pelatihan yang tidak efektif, dan lain sebagainya.
  5. Keep Contact : Membina hubungan yang baik dengan AR (Account Representative) dari dinas Pajak, hal ini penting agar mendapatkan info terbaru mengenai pajak, termasuk dibantu apabila ada kesulitan terkait pajak, misalnya gagal upload, sosialisasi peraturan baru dan lain sebagainya
  6. Keep Speed : Dengan bertambahnya waktu, bertambah juga transaksi dan mengakibatkan laporan keuangan main lama diproses. Untuk itu perlu diperhatikan kecepatan Accounting, apabila dirasakan mulai melambat, seprtinya saatnya untuk menggunakan software akunting agar proses bisnis anda berjalan otomatis. Anda bisa memilih software accounting berbasi desktop/premise atau pun berbasis cloud/online.

Baca Juga : Pilih Accounting Premis atau Cloud 

Demikian Tips Simple Akuntansi Untuk UKM, semoga bermanfaat untuk mengembangkan bisnis anda. Beberapa klient kami pun berpendapat bahwa tips diatas benar benar tepat dan merupakan dasar yang harus diterapakan. Ayo tunggu apalagi, segera praktekkan dan rasakan manfaatnya.