Catatan formal mengenai keuangan dari suatu perusahaan biasa disebut dengan laporan keuangan. Laporan ini juga tertulis lengkap yang berisi kekuatan finansial dan kinerja perusahaan. Dampak finansial perusahaan dapat dilihat pada laporan keuangan sebagai akibat transaksi bisnis yang dilakukan.

Dalam laporan keuangan berisi data berupa laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal juga laporan neraca. Data-data tersebut bertujuan untuk memberikan beragam informasi tentang posisi keuangan, kinerja perusahaan, hingga perubahan-perubahan yang terkait dengan keuangan perusahaan.

Ada banyak sebab atau faktor yang menyebabkan beberapa perusahaan belum memilikinya yaitu mislanya karena tidak paham dengan jelas bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang benar.

Untuk melakukan penyusunan laporan, ANda harus paham proses pembukuan atau pencatatan transaksi sehingga dnegan mudah Anda dapat mengelompokkannya dalam buku besar.

Berikut beberapa trik agar Anda dapat dengan mudah menyelesaikan laporan keuangan perusahaan Anda.

  1. Merekam seluruh transaksi

Catat seluruh transaksi keuangan hingga semua benar-benar jelas dan rapih serta mudah dipahami. Utamakan catatan pemasukan karena hal ini akan berkaitan dengan laba rugi. Laporan pemasukan yang baik akan menunjukkan besar kecilnya untuk dan rugi yang Anda peroleh.

Laporan ini akan menginformasikan bisnis Anda kepada investor sehingga investor paham langkah apa saja yang dpaat diambil untuk selalu meningkatkan keuntungan.

  1. Membuat neraca keuangan

Neraca keuangan atau balance sheet berisi informasi-informasi kunci terkait kondisi finansial perusahaan. Neraca keuangan adalah indicator penting terhadap stabilitas dan likuiditas perusahaan, yang juga mampu menentukan kemampuan perusahaan untuk mendanai berbagai macam jenis kebutuhan.

  1. Teliti

Dalam proses akuntansi, tentu Anda akan dihadapkan dengan banyaknya angka dan tak sedikit orang sekalipun yang berlatar belakang pendidikan akuntansi, menemukan kebingungan. Jika Anda menemukan perbedaan atau fluktuasi yang cukup signifikan, Anda dapat segera melaporkannya kepada atasan sehingga dapat cepat terselesaikan.

Baca Juga : 3 Tantangan Besar Dunia Akuntansi di era Modern

  1. Deadline

Tidak hanya laporan bulanan, perusahaan juga membutuhkan laporan tahunan untuk membantu para top manajemen dalam melakukan evaluasi. Usahakan selesaikan laporan bulanan keuangan maksimal seminggu sebelum akhir bulan sehingga laporan keuangan dapat diterima secara tepat waktu.

  1. Bagi tugas

Laporan keuangan perusahaan sangat banyak item-item dan akunnya. Ada baiknya Anda meminta bantuan orang lain untuk membantu Anda, bisa anak buah atau bisa juga rekan kerja satu tim. Pekerjaan yang banyak dalam mmebuat laporan keuangan ini memungkinkan Anda untuk berbagi tugas.

  1. Gunakan software pendukung

Masih menggunakan metode manual untuk menyelesaikan pekerjaan akunting ? Ini adalah saatnya Anda menggunakan software akuntansi yang mempermudah serta mempercepat penyusunan laporan keuangan perusahaan terlebih software yang menerapkan sistem berbasis cloud seperti SISCOM Online yang memungkinkan Anda dan tim berbagi tugas.

Setelah Anda mengetahu trik untuk membuat laporan keuangan perusahaan secara mudah seperti diatas, cobalah untuk mulai membuat laporan keuangan perusahaan Anda. Dengan memiliki laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan Anda saat ini dan juga perubahan-perubahannya.

SISCOM Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda. SISCOM Online juga mampu mengelola keuangan perusahaan secara lebih cepat, aman dan nyaman karena dapat dimonitor dimana saja dan kapanpun Anda berada asal tersambung dengan jaringan internet.